kontak2

Halo temen-temen asmarines yang selalu sehat dan semoga selalu diberikan kesehatan ya. DIjauhkan dari yang namanya virus Korona ini.. Amiinn.. Oke itu tadi sedikit doa bersama buat kita semua dan kali ini kami ingin membahas tentang perbedaan shackle angkar dengan shackle jangkar.

 

SHackle angkat disini maksudnya adalah shackle yang bisa digunakan untuk aplikasi angkat atau bisa disebut dengan alat rigging pada umumnya, yaitu media penyambung untuk aplikasi angkat. Nah penasaran ga kira-kira letak perbedaannya itu ada dimana.. Jadi jangan sampai kalian salah menggunakan shackle yang seharusnya untuk angkat malah digunakan pada jangkar. Dan atau sebaliknya,, harusnya buat jangkar eh malah digunakan untuk angkat.

 

Dan kenapa kami ingin membahas ini?? karena masing-masing shackle ( shackle angkat dan shackle jangkar ) punya karakteristik sendiri-sendiri. Jadi akan kurang maksimal digunakan saat alat tersebut salah penggunaannya atau pengaplikasiannya. COntohnya yaitu :

  • Shackle angkat memiliki karakteristik agak liat, sedangkan shackle jangkar memiliki karakteristik keras.

 

Fungsi liat pada shackle angkat yaitu sebagai warning atau peringatan pada user atau orang-orang yang menggunakan shackle tersebut saat shackle angkat sudah mulai berubah bentuk. Karena saat shackle angkat sudah mulai berubah bentuk sekian persen dari bentuk aslinya maka shackle tersebut akan patah.

 

Sedangkan shackle jangkar tidak liat jadi dapat patah sewaktu-waktu pada saat kelebihan beban atau terlalu seringnya digunakan. Nah makanya ada kasus jangkar yang lepas dari kapal karena shackle jangkar yang patah ini tapi bukan berarti kasus ini sering terjadi ya..  hanya pernah terjadi saja.

 

Kalo jangkar jatuh kelaut mungkin akan bisa dihindari oleh ikan-ikan. Tapi saat beban jatuh dibawah manusia maka akan sangat berbahaya buat orang-orang yang bekerja disekitar aplikasi angkat itu. Maka dari itu inilah alasan kami membuat artikel ini, supaya jangan sampai keliru aja menggunakan shackle angkat dengan shackle jangkar.

 

 

PERBEDAAN SHACKLE ANGKAT DENGAN SHACKLE JANGKAR

Oke langsung aja kita bahas perbedaannya dari beberapa sisi ya.. SIsi yang pertama yang akan kita bahas disini yaitu dari bentuknya. Shackle angkat memiliki 2 jenis bentuk yang berbeda dan memiliki masing-masing kegunaan yang berbeda. Untuk jenis dari shackle angkat itu sendiri yaitu :

  • Shackle Omega ( Untuk wire rope dan tali )
  • Shackle Dee ( Untuk Rantai )

 

Nah dan untuk shackle jangkar sendiri karena digunakan untuk rantai jangkar, maka shackle yang paling cocok dengan shackle jangkar ini tentunya bentuk shackle dee ya guys.

 

Perbedaan shackle angkat dan shackle jangkar untuk shackle dee diatas yaitu dari sisi bodynya ya.. Bodi shackle angkat lebih ramping sedangkan untuk shackle jangkar lebih lebar dan tebal.

 

Nah itu tadi perbedaan shackle angkat dengan shackle jangkar dari sisi bentuknya ya. Sekarang yang akan kita bahas disini yaitu dari sisi material pembuatnya. Untuk shackle angkat biasanya terbuat dari beberapa campuran bahan berikut :

  • Steel
  • Alloy Steel
  • Magnesium
  • Carbon Steel

 

Sedangkan shackle jangkar biasanya terbuat dari campuran bahan material sebagai berikut :

  • Steel
  • Magnesium
  • Karbon Steel

 

Tapi material pembuat ini tergantung dari produsennya ya guys. Yang kami bahas disini adalah kebanyakan produsen dari masing-masing shackle. Jika kedepannya kalian menemukan shackle dengan bahan yang berbeda kami mohon maaf, karena kami tidak bisa selalu mengupdate.

 

Okee.. jadi itu tadi ya perbedaan dari shackle angkat dengan shackle jangkar yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian semua.. Salam..!!

hubungi asmarines