kontak2

JENIS ATAU TIPE EYE BOLT

PT. Anugrah Sukses Marine adalah perusahaan distributor resmi yang menjual alat-alat kapal yang asli dan juga bersertifikat. Semua barang yang kami jual adalah barang asli yang kami datangkan langsung dari produsen aslinya. Salah satu produk alat kapal yang kami jual yaitu eye bolt. Eye bolt yang kami jual kami datangkan langsung dari Amerika dan juga Jerman, jadi untuk kualitasnya sendiri tidak perlu anda ragukan lagi. Dan pada artikel kami kali ini, kami akan coba untuk membahas tentang jenis atau tipe eye bolt yang ada dipasaran Indonesia dan Dunia.

Jadi jenis atau tipe eye bolt ini sendiri tentunya lebih dari satu. Untuk itu kami ingin membahasnya pada artikel kami kali ini sebagai tambahan pengetahuan untuk kalian semua. Semoga artikel ini dapat berguna ya buat kalian semua.

Langsung aja masuk pada pokok pembahasan kita yaitu jenis atau tipe eye bolt. Ada berapa sih jenis atau tipe eye bolt ini? Eye bolt dibagi menjadi 2 jenis atau tipe eye bolt, yaitu diantaranya :

  1. Plain Pattern
  2. Shoulder Pattern

Plain pattern eye bolt adalah salah satu jenis atau tipe eye bolt yang berbentuk polos yaitu lingkaran diatasnya sebagai alat kait dan skrup dibagian bawahnya untuk mengkaitkan eye bolt dengan objek angkat. Plain pattern eye bolt adalah jenis atau tipe eye bolt yang digunakan khusus untuk pengangkatan lurus, karena bentuknya yang polos tidak memungkinkannya untuk melakukan pengangkatan dengan sudut tertentu.

Sedangkan untuk jenis atau tipe eye bolt yang kedua yaitu shoulder pattern eye bolt. Jenis atau tipe eye bolt yang satu ini mempunyai bentuk yang sama seperti plain pattern yaitu berbentuk lingkaran dibagian atasnya untuk alat kait dan sekrup dibagian bawahnya untuk mengkaitkan eye bolt ini dengan objek angkat. Bedanya, jenis shoulder pattern ini memiliki semacam bahu atau penyangga dibagian lehernya. Dibagian tengah antara lingkaran dan sekrupnya. Fungsinya sendiri adalah untuk menahan beban angkat saat digunakan untuk melakukan pengangkatan dengan sudut. Aplikasi dari jenis atau tipe eye bolt ini yaitu digunakan untuk aplikasi angkat dengan sudut ataupun tanpa sudut. Jadi lebih flexible karena memang jenis eye bolt ini memiliki kelebihannya sendiri.

 

KEKUATAN ANGKAT JENIS ATAU TIPE EYE BOLT

Setelah kita tau apa saja jenis atau tipe eye bolt ini, maka selanjutnya yang perlu kita bahas adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan angkat jenis atau tipe eye bolt ini. Karena eye bolt adalah alat tambahan, tentunya penggunaannya sendiri haruslah sesuai dengan standard dan petunjuk penggunaannya. Jadi jika kalian asal menggunakannya, maka dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan kerja saat penggunaannya tersebut. Untuk itu selalu ikuti petunjuk penggunaan yang sesuai dengan standard internasional.

Jadi sebelum kalian menggunakan eye bolt ini, ada baiknya kalian mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan angkat dari eye bolt ini. Apa aja ya kira-kira? ayok sama-sama kita liat pada beberapa poin dibawah ini :

  1. Ukuran Eye Bolt. Jadi semakin besar ukuran eye bolt maka kekuatan atau nilai WLL dari eye bolt tersebut akan semakin besar pula. Jadi jangan lupa tentukan nilai WLL eye bolt untuk aplikasi anda.
  2. Material Eye Bolt. Pastikan anda mengetahui kandungan material dari eye bolt yang anda beli atau anda miliki. Eye bolt yang cocok untuk penggunaan pada heavy lift dan medium lift harus terbuat dari material Carbon Steel atau baja karbon. Sedangkan eye bolt yang dapat anda gunakan untuk light lift atau pengangkatan ringan yaitu eye bolt dengan material dari Stainless Steel.
  3. Sudut angkat. Semakin besar sudut angkat yang anda gunakan maka nilai WLL dari eye bolt anda akan semakin banyak berkurang. Jadi jika nilai WLL eye bolt anda adalah 1 ton, maka nilai WLL tersebut bisa berkurang menjadi 200 Kg jika anda menggunakan pengangkatan dengan sudut lebih dari 30°. Dan pastikan jangan menggunakan eye bolt dengan sudut pengangkatan lebih dari 45°. Karena eye bolt tidak bisa melakukan pengangkatan dengan aplikasi pengangkatan dengan sudut lebih dari 45°.

 

Jadi gimana nih? Udah pada jelas semua ya apa yang sudah kami sampaikan pada artikel ini. Jika kalian ada kebutuhan akan eye bolt dan ada pertanyaan-pertanyaan seputar eye bolt dan alat rigging lain. Jangan ragu untuk menghubungi staff marketing kami di 021 - 691 9595. Kami memiliki staff marketing dan staff Technical yang sudah bekerja puluhan tahun pada bidang ini, sehingga kami dapat menjamin keprofesionalismean kami dalam bekerja pada bidang ini.

hubungi asmarines