Peralatan Navigasi Kapal

 

Dalam keseharian, kita sebagai manusia tentu memerlukan suatu patokan untuk menunjukkan arah karena hal ini teramat penting untuk membantu proses mobilisasi manusia modern yang kidan hari kian modern. Walaupun bisa dikatakan bahwa petunjuk arah misalnya arah mata angin merupakan hal yang sangat sederhana, sebenarnya banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari yang terkadang tidak kita sadari. Dalam pembangunan rumah misalnya, kita perlu meperhatikan arah mata angin demi kenyamanan rumah itu sendiri walaupun dalam beberapa budaya, ada filosofi di balik pemilihan arah rumah menghadap. Di daratan terutama di daerah dengan pemukiman padat, arah mata angin akan sangat mudah ditengarai bahkan tanpa bantuan alat sehingga orang kebayakan tidak akan terlalu bermasalah untuk mencapai tempat yang dituju. Sistem jalan yang sudah demikian maju membuat kita dapat dengan mudah menemukan arah yang tepat untuk mencapai tempat tujuan. Selain itu, banyak tanda yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai persimpangan jalan yang menunjukkan arah menuju suatu tempat misalnya.

 

Akan tetapi, hal ini tentu akan jauh berbeda ketika kita berada di perairan karena yang ada di hadapan kita hanya air seluas mata memandang. Untuk mengarungi laut, jalan dengan marka dan berbagai perlengkapan merupakan hal yang mustahil dibangun sehingga menemukan arah di tengah laut lepas boleh jadi merupakan hal yang sulit dilakukan tanpa tatanan sistem jalan sebagaimana yang kita temukan di daratan. Jangan harap kita akan menemukan tanda yang menunjukkan arah di lautan luas. Lalu, apa yang bisa dijadikan patokan arah dalam pelayaran? Pelaut tradisional sebenarnya sudah bisa memanfaatkan bantuan rasi bintang untuk menunjukkan arah ketika berada di tengah laut. Akan tetapi, alat kapal saat ini yang digunakan untuk menunjukkan arah dalam sistem pelayaran modern sudah lebih canggih dan melulu menggunakan tanda-tanda yang disediakan alam. Navigasi kapal saat ini mempunyai sistem yang canggih dengan dukungan teknologi yang cukup mumpuni. Teknologi terbaru untuk navigasi perkapalan menggunakan teknologi GPS. Akan tetapi, sistem navigasi kapal tentu membutuhkan perhitungan tersendiri dan ada beberapa ship supply yang diperlukan untuk perhitungan ini.

 

Penggaris segitiga merupakan salah satu alat yang diperlukan untuk menghitung arah yang diperlukan dalam pelayaran. Walaupun penggaris merupakan hal yang dapat ditemukan dengan mudah di toko alat tulis, penggaris untuk keperluan penghitungan pelayaran bukan hal yang bisa ditemukan di sembarang toko alat tulis. Berbagai macam alat untuk navigasi kapal dan pelayaran termasuk penggaris parallel bisa dengan mudah ditemukan di suplier barang-barang yang berhubungan dengan perkapalan. Tidak perlu pusing untuk menemukan tempat tersebut karena suplier berbagai macam alat perkapalan termasuk peralatan navigasi pelayaran dapat ditemukan dengan membuka internet tanpa harus membuang waktu, uang, dan energi.