kontak2

BAGAIMANA MENGENAL WIRE ROPE

 

 

 

 


 

MENGENAL KARAKTERISTIK WIRE ROPE

 

Wire rope adalah Sejumlah kawat  yang dipilin menjadi satu, yang disebut dengan strand. Dan dari sejumlah / beberapa jumlah strand tadi, dipilin kembali menjadi satu menjadi kesatuan wire rope. Dapat kita lihat proses pembuatan wire rope seperti dibawah ini.


 Mengenal Wire Rope

 

Dari Proses pembuatan tersebut nantinya akan dibuat berbagai macam ukuran wire rope dan juga konstruksinya. Konstruksi wire rope melambangkan jumlah strand yang dibuat dan juga jumlah kawat yang digunakan pada proses pembuatan satu strand.

 

Contohnya konstruksi 8 x 19.

Artinya jumlah strand dari wire rope yang dibuat tersebut adalah 8 strand.

Dan masing-masing strand dibuat dari 19 kawat baja yang dipilin

 

Nah masing-masing konstruksi dari wire rope itu sendiri memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda ya guys. Ada yang kaku, lentur dan ada pula kombinasi dari keduanya yaitu kaku dan lentur.

 

Wire rope yang kaku cenderung memiliki jumlah strand yang lebih sedikit, sehingga membuatnya lebih kaku karena kawat baja pada strand tersebut tebal-tebal.

 

Sedangkan wire rope yang cenderung lentur memiliki jumlah strand dan kawat baja yang lebih banyak, tetapi berukuran lebih kecil ( masing-masing kawat bajanya ). Karena kawat bajanya berukuran kecil sehingga akan lebih mudah ditekuk sehingga hal ini yang membuat dia lebih lentur.

 

Tetapi jika gabungan dari keduanya yaitu kaku dan lentur, ada kombinasi dari kedua karakter konstruksi tadi tetapi akan mengalami proses pengepresan. Artinya wire rope tersebut memiliki jumlah strand dan kawat baja yang cenderung lebih banyak, tetapi masing-masing kawat bajanya lebih tebal diameternya.

 

Setelah itu, wire rope akan di press menjadi lebih padat dan berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya sebelum dipress. Hal ini akan membuat ukuran kawat baja yang tadinya tebal menjadi lebih kecil tetapi padat. Karena ukuran kawat baja tadi mengecil, tentunya sifatnya akan menjadi lebih lentur ya guys, tetapi lebih padat dan memiliki kekuatan yang lebih besar ketimbang wire rope biasanya dengan ukuran tersebut.

 

Karakteristik dari wire rope sangat beragam. Namun untuk mengetahui karakteristik  wire rope sangatlah penting ketika dihadapkan untuk memilih dan menggunakannya. Karakteristik dari wire rope berbeda jika dibandingkan dengan rantai atau webbing. Keunikan karakteristik dari wire rope antara lain :

  1. Kekuatan tarik yang  tinggi
  2. Kekuatan terhadap pengaruh lingkungan
  3. Produk sling dapat dibuat lebih panjang (transportasi)
  4. Fleksibilitas  yang tinggi

 

Jadi tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan baik via chat ataupun telp langsung ke nomor kami di nomor 021-691 9595. Atau email langsung ke marketing staff kami untuk melakukan permintaan harga dan barang di marketing@asmarines.com.

 

Artikel Lain :

hubungi asmarines