kontak2

WIRE ROPE IWRC

 

PENGERTIAN WIRE ROPE IWRC

 

Wire Rope IWRC adalah wire rope yang mempunyai hati atau core baja. IWRC sendiri adalah singkatan dari Independent Wire Rope Core dimana core wire rope tersebut terbuat dari wire rope itu sendiri atau yang biasa disebut wire rope yang bisa berdiri sendiri.

Bagi kalian yang kurang familier dengan arti dari Core, maka kami akan jelaskan juga disini. Jadi Core itu sendiri adalah bagian inti atau bagian paling dalam pada wire rope. Core biasanya dililit atau dipilin dengan strand jumlah tertentu agar menjadi satu kesatuan wire rope.

Core sendiri ada yang terbuat dari baja dan ada juga yang terbuat dari fiber. Baik itu fiber / serat buatan ataupun serat alami dari tumbuh-tumbuhan. Perbedaan dari kedua jenis core disini yaitu dari tingkat kelenturannya ya. Tentunya core dengan jenis fiber akan lebih lentur karena ya memang sifat dari fiber itu sendiri yang lebih lentur dibandingkan dengan baja.

Ada beberapa keuntungan dalam aplikasi yang membuat orang cenderung memilih core IWRC dibanding core HC atau FC itu sendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan dari wire rope dengan core baja atau IWRC ketimbang fiber :

  1. Lebih kuat, breaking load lebih tinggi.
  2. Lebih tahan terhadap gencetan yaitu jika wire rope digulung dalam haspel yang berlapis lapis.

Walau punya keuntungan, wire rope dengan core IWRC juga punya kelemahan yaitu:

  1. Lebih mudah berkarat ( Pada bagian Corenya ).
  2. Harga lebih mahal.

Sedangkan wire rope dengan core Fiber itu sendiri juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Jika sebelumnya kalian sudah membaca tentang kelebihan dan kekurangan dari IWRC, maka berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari FC & HC :

Kelebihan :

  1. Lebih lentur
  2. Harga lebih murah
  3. Tidak dapat berkarat ( Pada bagian Corenya )

dan selanjutnya yang akan kita bahas yaitu kekurangan dari FC ataupun HC ini ya.

  1. Nilai breaking load lebih kecil karena sifat fiber lebih lemah daripada baja
  2. Saat menyimpan wire rope ini tidak boleh digencet atau ditindih dengan barang-barang lain yang lebih berat, karena akan merusak bagian corenya.

Jadi kesimpulannya pilih mana antara core tali atau IWRC? Tidak ada jawaban yang pasti, semua tergantung aplikasi dan kondisi dilapangan yang menentukan mana yang lebih baik. Tujuan kita supaya customer dapat memilih wire rope yang sesuai dengan kebutuhan sehingga awet dan tahan lama.

Jika anda ingin informasi lebih, ingin mendapat harga wire rope atau catalog wire rope, silahkan menghubungi marketing kami di (021) 6919595.


hubungi asmarines