kontak2

Halo temen-temen semuanya,, bagi kalian yang saat ini punya rencana untuk liburan ke pantai atau pulau tertentu, kalian bisa baca dulu nih tips aman saat liburan ke pantai dari kami. Karena jangan sampai liburan kita menjadi petaka buat kita seperti yang pernah menimpa sodara-sodara kita sebelumnya.

 

Tentunya jika kita bisa menjaga diri kita sendiri dan selalu waspada saat berlibur, pastinya liburan kita akan semakin aman nyaman dan tenang ya. Dan kalian juga bisa saling menjaga dengan keluarga kalian ya, agar masing-masing saling melindungi seperti layaknya kehangatan keluarga. ehm ehmm.. sangat melankolis banget ya. hehe

 

Tapi sebelum kami memberikan tips tersebut, kami ingin memberitahukan kepada kalian beberapa bahaya yang bisa terjadi di pantai. Tapi bukan berarti kalian harus takut ya, hanya saja waspada dengan melakukan tips dari kami ini nantinya. Oke jadi apa aja sih bahaya yang ada di daerah pantai?

Berikut adalah beberapa hal tersebut yang bisa merugikan atau bahkan melukai kita :

  • Karang tajam
  • Hewan laut ( hiu, ubur-ubur, bulu babi, dan semacamnya )
  • Ombak
  • Petir saat ada badai
  • Dan hal tak terduga lainnya

 

TIPS SAAT BERLIBUR DI PANTAI

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menimbulkan bahaya buat kalian yang menemuinya saat berada di pantai. Untuk itu kalian harus berjaga-jaga dan waspada saat berlibur di pantai. Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tetapi dengan waspada juga tidak akan merusak suasana hati kalian saat sedang berlibur di pantai bersama keluarga ataupun kerabat.

 

Oke langsung aja ya,, berikut ini adalah tips agar selalu aman saat berlibut di pantai tetapi kalian tetap bisa menikmati liburan kalian :

1. HINDARI SINAR MATAHARI TERLALU LAMA

Seperti yang kalian tahu ya,, pantai merupakan dataran luas dengan mayoritas permukaannya terdiri dari lautan dan pasir. Untuk itu sangat cocok bagi para wisatawan untuk berjemur karena akan mendapatkan sinar matahari langsung dalam jumlah dan jangkauan yang luas.

 

Tapi justru karena banyaknya kapasitas matahari yang bisa terpapar ketubuh kita, untuk itu batasi tubuh kalian untuk terkena sinar matahari pantai terlalu lama, khususnya di siang hari. Tidak adanya banyak pohon dan terpaparnya kepala kalian langsung dengan sinar matahari akan membuat tubuh dehidrasi dan dapat membuat kepala berkunang-kunang.

 

Jika dibiarkan terus menerus maka orang tersebut akan kehausan dan bahkan hingga sampai pingsan. Untuk itu jangan terlalu berlebihan dalam menjemur tubuh kalian dibawah sinar matahari. Usahakan kalian sesekali berteduh dan meminum air atau mencelupkan tubuh ke air agar kalian dapat menghilangkan dehidrasi ditubuh.

 

2. JANGAN BERENANG SENDIRI

Berenang bersama secara berkelompok baik 2 orang atau lebih akan lebih menjaga diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kalian akan saling menjaga dan dapat sesegera mungkin meminta bantuan ke pihak penjaga pantai jika terjadi sesuatu saat kalian sedang berenang.

 

Ombak pantai yang tidak konsisten terkadang dapat membahayakan dan menyeret seseorang dengan cepat. Dan jika kalian berenang bersama anak-anak, pastikan berenang di dekat mereka dengan memberikan pelampung ditubuhnya agar kalian dapat meraihnya dengan mudah.

 

3. PERHATIKAN HEWAN-HEWAN YANG ADA DISEKITAR PANTAI

Jika terdapat hewan berbahaya di pantai seperti ubur-ubur, hiu, ikan pari, bulu babi, ular laut dan lain sebagainya, maka kalian jangan memaksakan diri untuk berenang di pantai. Karena hal tersebut akan sangat membahayakan diri anda. Untuk itu sebelum masuk ke air, ada baiknya kalian perhatikan terlebih dahulu wilayah air di dekat anda.

 

Tapi jika air laut keruh sehingga tak terlihat apa-apa, pastikan kalian tidak terlalu jauh berenang ke arah lautan. Hal ini perlu kalian lakukan agar kalian lebih cepat menyelamatkan diri ke daratan jika memang ada sesuatu yang mulai mengganggu kalian.

 

4. JAUHI DAERAH BERKARANG

Seperti yang kalian ketahui ya, laut sangat identik dengan terumbu karang. Tak hanya cantik dilihat dari dalam lautan, tetapi terumbu karang sangat penting untuk kestabilan lautan. Tapi jika kalian sedang berenang di pantai, terumbu karang bisa jadi hal berbahaya buat kalian kalian dapat menyebabkan luka gores yang akan lebih sulit sembuh di air dan akan sangat perih karena terkena air garam.

 

Jadi jangan berenang di daerah berkarang, karena ketidak stabilan ombak sewaktu-waktu dapat menghantamkan tubuh anda ke terumbu karang tersebut. Jika memang kalian ingin melihat terumbu karang, ada baiknya kalian melakukan diving atau penyelaman, karena olah raga tersebut akan lebih aman dan akan lebih indah dengan melihat kehidupan langsung di dasar lautan.

 

5. JIKA ADA PETIR ATAU CUACA YANG MENDEKATI HUJAN, PASTIKAN UNTUK MENGHINDARI PERAIRAN

Lautan sangat identik dengan badai, karena badai di laut baik itu di pantai ataupun di lautan lepas dan terjadi tiba-tiba dengan cepat dan dapat hilang juga dengan cepat. Untuk itu selalu waspada jika memang cuaca di pantai sedang tidak baik. Pastikan kalian tidak memaksakan diri untuk berenang di laut, karena ditakutkan terjadi badai tiba-tiba dan kalian tidak sempat keluar dari air.

 

Nah itu tadi ya beberapa tips aman saat liburan ke pantai buat kalian semua. Semoga tips ini dapat kalian terapkan pada saat liburan kalian. Karena kita semua pasti tidak menginginkan hal buruk terjadi saat kita liburan, yang seharusnya kita berbahagia bersama kerabat dan keluarga tercinta.

 

Okelah kalo gitu, sampai disini ya artikel kami kali ini. Semoga kalian semua mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat untuk liburan kalian. Happy Holiday guys.. ^_^

hubungi asmarines