kontak2

Halo Temen-Temen semua, kembali lagi di Artikel Asmarines. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan Temen-temen semua agar TIDAK SALAH dalam membeli Wire Rope yang ingin digunakan atau yang ingin dibeli.

POINT-POINT PENTING SEBELUM MEMBELI WIRE ROPE

Pastinya dimarahin oleh bos gara-gara salah beli gaenak banget ya ? apalagi yang salah beli itu Wire Rope untuk kebutuhan yang besar, seperti di Crane, Perkapalan, dan Industri besar lainnya. Tapi Temen-Temen jangan khawatir! Karena saya akan bahas secara detail point-point penting sebelum membeli Wire Rope.

Dalam Industri Alat Berat, Perkapalan, dan lainnya pasti tidak asing dengan Kawat Baja yang disebut dengan Wire Rope. Nah, Wire Rope itu sendiri memiliki berbagai macam Jenis dan Tipe yang pastinya berbeda-beda disesuaikan dengan pemakaian dan spesifikasi yang digunakan.

Bayangkan jika Temen-Temen menggunakan Wire Rope yang tidak sesuai dengan Spesifikasinya ? apakah tidak berbahaya untuk User dalam pemakaian ? yang ada nanti jadinya kecelakaan kerja, yang menyebabkan luka ringan sampai kecelakaan yang FATAL.

Nah, Penting banget nih kalian mengetahui Point-Point penting sebelum membeli Wire Rope. Apa aja sih kira-kira ?

1. Pemilihan Wire Rope berdasarkan Kebutuhan dan Penggunaan

Nah, sebelum kita membahas secara teknis atau fisik Wire Rope. Hal yg paling utama di perhatikan sebelum memilih Wire Rope adalah Kebutuhan & Penggunaan Wire Rope untuk digunakan pada aplikasi apa dan dimana Wire Rope akan digunakan.

Jika membicarakan tentang Kegunaan pastinya hal ini berkaitan dengan Konstruksi yang dipilih. Buat temen-temen yang belum tahu mengenai Konstruksi, Konstruksi dalam wire rope adalah susunan atau komponen yang menjadikan wire rope dapat digunakan dalam berbagai jenis atau kebutuhan.

Konstruksi itu sendiri terdiri dari Wire (Kawat), lalu kemudian Strand, dan Core atau Inti pada bagian dalam Wire Rope. Nah, Konstruksi ini berpengaruh terhadap kondisi dan juga karakteristik atau bahkan Breaking Load (kekuatan) dari Wire Rope. Misalnya , untuk pemakaian Wire Rope yang banyak melalui Sheave seperti di Crane, maka Wire rope yang fleksibel lebih baik.

Atau jika membandingkan konstruksi misalnya 6x7 atau 6x37 yang lebih fleksibel adalah 6x37 karena ukuran wire per individu ukurannya jadi kecil, efeknya lebih tahan tekukan atau bending. Dengan menggunakan Wire Rope yang Kontruksinya berbeda, maka akan memperpendek masa waktu pemakaian dan juga akan berbahaya.

2. Pemilihan Wire Rope Berdasarkan Ukuran

Selain Konstruksi, Ukuran juga menjadi faktor utama yang wajib diperhatikan dan juga dipahami sebelum membeli atau menggunakan Wire Rope. Semakin besar ukuran yang digunakan maka akan semakin tinggi Breaking Load yang akan didapatkan, tentu harga juga akan semakin mahal.

Ukuran saling berkaitan dengan Kapasitas, Kapasitas yang dimaksud adalah Breaking Load yang artinya adalah beban maksimum yang diaplikasikan pada Wire Rope.

3. Pemilihan Wire Rope Berdasarkan Jenis Finishing

Nah, point ini penting juga nih kalo yg belum tahu tentang finishing Wire Rope, jadi Finishing dalam Wire Rope itu adalah suatu proses sebelum kawat dipilin menjadi Strand. Ada 2 jenis Finishing dalam Wire Rope, yaitu Ungalvanized/Bright dan Galvanized.

Ungalvanized/Bright yaitu kawat tidak mengalami Proses pelapisan, dan langsung di stranding setelah melalui proses heat treatment. Secara karakteristik warnanya asli warna logam, atau agak hitam ya... breaking load yang dimiliki cukup tinggi karena penampang logamnya yang lebih luas, tapi lebih mudah berkarat.

Sedangkan untuk Tipe Galvanized yaitu kawat melalui proses pelapisan dengan zinc, yang dimana tujuannya untuk mencegah wire rope dari karat. Untuk karakteristik atau permukaannya menjadi lebih terang atau putih warnanya.

Untuk harga nya wire rope galvanized lebih mahal dibandingkan dengan wire rope ungalvanized.

Nah, Itu dulu mungkin yaa yang saya kasih tahu ke Temen-Temen semua, sebenernya masih banyak lagi sih. Tapi, kita akan bahas di Kesempatan Artikel berikutnya. Jangan lupa ya untuk terus kunjungi Website kami di www.asmarines.com. Karena akan banyak banget Informasi menarik dan Informatif seputar Peralatan Kapal Laut dan Industri lainnya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Peralatan Kebutuhan Kapal Laut, Alat Angkat dan Industri lainnya, langsung aja Hubungi Staf Marketing & Teknikal kami di nomor (021) 6919595 dan untuk Penawaran Harga bisa langsung email ke marketing@asmarines.com.

WWW.ASMARINES.COM

Next -> Point-Point Penting sebelum membeli Wire Rope (PART II)

hubungi asmarines