kontak2

KERUSAKAN-KERUSAKAN UMUM PADA WIRE ROPE

Dalam menggunakan Wire Rope, penting untuk mengetahui Kerusakan-Kerusakan Umum pada Wire Rope. Pengecekan Wire Rope dilakukan dalam jangka waktu minimal setiap setahun sekali atau 12 Bulan. Agar saat penggunaan, Wire Rope dapat berfungsi dengan baik dan layak untuk digunakan.

Pentingnya mengetahui kerusakan-kerusakan umum pada Wire Rope, agar meminimalisir Kerusakan atau Kecelakaan yang terjadi akibat Wire Rope yang Putus saat digunakan. Adapun Kerusakan-Kerusakan Umum pada Wire Rope adalah sebagai berikut :

1. KARAT atau KOROSI (CORROSION)

Kerusakan Wire Rope biasanya dikarenakan oleh Kerusakan Mekanis, tetapi Korosi atau Karat sangat berbahaya jika didiamkan. Karena Karat dapat menghancurkan bagian-bagian dalam Wire Rope sehingga mengurangi Kekuatan yang ada pada Wire Rope. Atau bahkan dapat Putus saat Wire Rope digunakan.

WIRE ROPE BERKARAT

2. KAWAT PATAH (BROKEN WIRES)

Kawat atau Wire yang patah sangat berbahaya ketika digunakan, Apalagi jika terjadi Patah Kawat dalam beberapa bagian. Kawat yang patah dapat disebabkan oleh beberapa macam faktor,diantaranya adalah Karna Panas, atau dapat disebabkan mungkin karna pemakaian yang melebihi Kapasitas.

KAWAT WIRE ROPE PATAH

3. BERBELIT (KINK)

Wire Rope jika mengalami kejadian Terbelit maka Wire Rope akan sulit kembali digunakan. Karena Wire Rope yang berbelit akan susah untuk diluruskan kembali. Dan jika dipaksakan digunakan apalagi dalam Kebutuhan yang berat, maka Wire Rope akan Putus.

WIRE ROPE KINK

4. STRAND / WIRE MEMEKAR (BIRDCAGING)

Ketika Strand yang dimiliki Wire Rope memekar , tentunya bagian Inti (Core) pada Wire Rope pun akan terbuka. Sehingga Wire Rope tidak melindungi bagian Core dan tentunya akan mengurangi Kapasitas yang dimiliki oleh Wire Rope.

WIRE ROPE BIRDCAGING

5. BAGIAN INTI / CORE KELUAR (CORE PROTRUSION)

Jika Core yang dimiliki Wire Rope sampai keluar, tentunya Resiko Wire Rope akan putus pun sangat besar. Ini sangat jarang terjadi tetapi tidak bisa didiamkan jika terjadi hal seperti ini. Perlu mengganti secepatnya jika Core sudah mulai keluar seperti ini.

CORE KELUAR

6. UKURAN WIRE ROPE TIDAK SESUAI

Dalam hal Ukuran Wire Rope, batas persentasi ukuran mengecil pada Wire Rope adalah 10%. Jika terjadi pengurangan Diameter pada Wire Rope maka Wire Rope tidak untuk digunakan atau dapat menambah kembali Pelumas agar Wire Rope dapat digunakan kembali. Ini terjadi karena Pelumas yang dihasilkan Wire Rope sudah hilang. Dan hal ini dikatakan Reject oleh Pabrik.

UKURAN WIRE ROPE TIDAK SESUAI

Oke, itu saja mungkin sedikit pembahasan penting yang perlu kalian ketahui untuk dapat memperhatikan hal-hal yang perlu diperiksa sebelum menggunakan Wire Rope. Dan Penting untuk mengganti Wire Rope yang digunakan ketika terjadi hal-hal seperti yang tadi kita bahas.

Hal terpenting lainnya adalah ketika ingin membeli Wire Rope, belilah di Distributor yang terpercaya agar mendapatkan Wire Rope yang berkualitas dan bersertifikat Resmi. Serta barang yang didapatkan Baru dan Layak untuk digunakan.

Kunjungi terus Website kami di www.asmarines.com, karena akan banyak sekali Update-Update Informasi menarik seputar peralatan kebutuhan Kapal Laut dan Industri lainnya. Konsultasikan kebutuhan Kapal dan Industri lainnya kepada kami .

Pertanyaan dan Pemesanan, Hubungi Kami :

PT. ANUGRAH SUKSES MARINE
Jl. Cengkeh No. 19 F
Jakarta Barat, 11110 DKI Jakarta
Telp : (021) 691 9595
Email : marketing@asmarines.com
Website : www.asmarines.com
Youtube Channel : Asmarines

hubungi asmarines