kontak2

Kenali Kerusakan-Kerusakan Wire Rope Sebelum Digunakan

kenali kerusakan kerusakan wire rope sebelum digunakan

Sebelum menggunakan Wire Rope, ada beberapa Hal penting yang perlu diketahui oleh Para Pengguna Wire Rope di Lapangan yaitu Kondisi Wire Rope. Hal ini merupakan Hal yang sangat penting diketahui agar Para Pengguna dapat menggunakan Wire Rope dengan Aman dan tidak membahayakan saat penggunaan di Lapangan.

Pentingnya mengetahui dan Mengenali Kerusakan-Kerusakan Wire Rope dari awal sebelum digunakan, agar tidak terjadi kecelakaan saat proses penggunaan. Nah, sebelum kita bahas mengenai Kerusakan-Kerusakan Wire Rope yang perlu kalian ketahui, Pastikan kalian membeli Wire Rope di Distributor yang terpercaya agar mendapatkan Wire Rope Berkualitas dan tentunya Aman untuk digunakan.

 

Kerusakan-Kerusakan Umum Pada Wire Rope

 

Karat / Korosi

Karat atau Korosi merupakan Hal yang umum terjadi pada Produk dengan Material Besi, Baja, dan Bahan lainnya yang rentan akan Karat, Termasuk Wire Rope. Hal ini bisa dikatakan sangat sering ditemukan tapi tentu sangat berbahaya jika terjadi pada Wire Rope yang akan digunakan.

Kerusakan karena Karat dibagi menjadi 2 Bagian, yaitu Internal Corrosion dan Eksternal Corrosion. Para Pengguna sebelum menggunakan Wire Rope wajib memastikan Wire Rope tersebut tidak ada Karat Pada bagian Luar ataupun bagian dalam. Eksternal Corrosion atau Karat pada bagian luar selama itu tidak berbintik-bintik kasar, masih bisa di lapisi Kembali oleh Lubrikasi.

Tetapi jika karat sudah masuk ke fase Internal Corrosion, atau Karat pada bagian dalam Wire Rope. Maka Wire Rope tersebut sudah harus diganti dan tidak bisa diperbaiki Kembali dengan cara apapun. Karena jika dipaksakan tentunya sangat berbahaya. Atau bahkan dapat menimbulkan kecelakaan Kerja yang sangat Parah.

 

Kawat Patah

Hal ini memang juga sering ditemukan tapi ada beberapa hal yang bisa dikatakan Wire Rope tidak boleh lagi digunakan jika Kawat Sudah Patah. Kawat yang patah tentunya sangat berbahaya jika dilanjutkan untuk digunakan. Karena lama kelamaan Wire Rope akan Putus saat penggunaan di Lapangan. Dan tentunya itu adalah hal yang berbahaya. Pentingnya pengecekan di Lapangan adalah kunci utama keselamatan penggunaan Wire Rope.

 

Perubahan Bentuk

Ada beberapa Faktor kerusakan-kerusakan yang terjadi selain dari Kawat yang Patah dan Wire Rope yang Karat, yaitu :

  • Berbelit (Kink)
  • Strand pada Wire Rope membentuk seperti sangkar Burung (Birdcaging)
  • Penumpasan (Crushing)
  • Inti / Core keluar dari bagian Wire Rope (Core Protrusion)

Jika Wire Rope mengalami Kondisi seperti diatas tadi, maka Wire Rope sudah harus diganti dan juga tidak bisa digunakan Kembali. Karena jika dipaksakan maka Wire Rope akan Putus dan Hancur dengan cepat tanpa diketahui oleh Pengguna.

 

Nah, itu dia hal-hal umum yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakan Wire Rope, pastikan kalian mengecek dengan Rutin Wire Rope yang akan digunakan. Agar tidak terjadi Kecelakaan Kerja saat penggunaan di Lapangan. Dan selalu Konsultasikan Produk Wire Rope yang akan digunakan kepada Ahli nya agar Pemakaian Tepat dan Aman.

Mengetahui dan memahami kerusakan-kerusakan potensial ini sebelum menggunakan wire rope adalah kunci untuk menjaga keamanan dan kinerja yang optimal. Inspeksi rutin dan pemeliharaan yang tepat akan membantu memastikan bahwa wire rope dapat digunakan dengan aman dan efektif dalam berbagai aplikasi industri dan konstruksi.

Anda dapat menghubungi staf marketing kami di nomor (021) 691-9595 atau menghubungi kami melalui layanan Whatsapp Chat dengan klik tombol dibawah ini untuk mendapatkan penawaran harga serta katalog produk kami yang lainnya dan konsultasi mengenai kebutuhan Wire Rope.

 

23 November 2016


hubungi asmarines