kontak2

Tali dapat digunakan dalam berbagai Kebutuhan, baik itu Kebutuhan besar seperti Perkapalan / Pelayaran, Oil & Gas, Logging & Heavy Equipment, Fishing, Mining, Transportation, Lifting Solutions, Mooring & Towing, dan Lashing bahkan Kebutuhan kecil seperti Net (Jala-Jala), Tangga Kapal, Kebutuhan Rumah Tangga, Dekorasi, dan kebutuhan lainnya.

Tentunya dalam menggunakan Tali, kalian harus mengetahui terlebih dahulu Jenis dan Ukuran Tali yang ingin digunakan. Agar dapat sesuai dan tidak terjadi kecelakaan kecil ataupun besar pada saat menggunakan Tali. Pada Artikel kali ini kami akan membahas mengenai Tali, tetapi kali ini yang akan dibahas adalah Jenis-Jenis Tali Berukuran kecil.

JENIS-JENIS TALI BERUKURAN KECIL

Banyak dari kita yang belum tahu mengenai Jenis-Jenis Tali Berukuran Kecil. Kondisi ketika melihat di Kehidupan sehari-hari kebanyakan Masyarakat menggunakan Tali yang sama dengan Kebutuhan yang berbeda-beda. Apakah berbahaya ? ada beberapa yang memang berbahaya, dan ada juga yang tidak berbahaya karena memang Tali dapat digunakan dengan fungsi yang sama.

Untuk Tali yang berukuran besar tentunya sangat berbahaya jika tidak memperhatikan Jenis dan Ukuran yang ingin digunakan. Karena akan mempengaruhi Breaking Load (Kekuatan) dari Tali tersebut. Contohnya adalah untuk penggunaan di Industri Perkapalan. Jika tidak memilih Tali yang tepat maka nanti akan beresiko kecelakaan yang Fatal.

Sama halnya dengan Tali yang berukuran Kecil, saat memilih Tali yang tidak tepat, maka akan mencelakakan pengguna atau orang banyak. Tetapi untuk Resiko mungkin tidak begitu Fatal seperti Tali yang berukuran besar. Sebelum kita membahas lebih detail mengenai Tali, Berikut adalah Macam-Macam Tali yang Kami Jual dan perlu kalian ketahui.

MACAM-MACAM TALI BERUKURAN KECIL

TALI PP MONOFILAMENT

Tali PP Mono

Tentunya Pengguna Tali Kapal sering sekali mendengar dan menggunakan Tali PP Monofilament, atau biasanya Tali ini sering disebut dengan Nama Lain seperti PP Mono, Tali Polyprophylene, Tali PP, ataupun Tali Putih Strip Biru. Tetapi kali ini yang akan dibahas adalah Tali PP Monofilament yang berukuran kecil. Bukan hanya digunakan di Industri Perkapalan / Pelayaran saja loh.

Tali ini terbuat dari Polyprophylene, memiliki Karakteristik Permukaan yang Kasar dan ketika di Air, Tali ini akan mengambang. Biasanya orang-orang menggunakan Tali ini untuk kebutuhan Lashing (Mengikat), Mooring (Menambat) tetapi biasanya menggunakan Ukuran yang besar, Membuat Net atau Jala-Jala di Industri Perikanan. Dan Towing (Menarik)

Untuk Tali PP Monofilament yang berukuran kecil, biasanya dikategorikan dengan Jumlah Strand. Tali PP Monofilament dibagi menjadi 2 Tipe Strand, ada yang Kecil 3 Strand, lalu untuk yang besar memiliki 8 Strand. Nah untuk Konstruksi 3 Strand memiliki Ukuran Diameter yaitu 6 – 36 mm. Kelebihan yang dimiliki Tali PP Monofilament adalah Harga yang cukup murah, lalu Breaking Load yang dimiliki saat basah dan kering sama, Tahan terhadap Bahan Kimia, Minyak & Oli, serta Tidak menyerap Air.

TALI PP MULTIFILAMENT

Tali PP Multi

Untuk Tali PP Multifilament memiliki banyak kesamaan dengan Tali PP Monofilament. Tetapi, untuk Tali PP Multifilament ini memiliki perbedaan yaitu secara Karakteristik Permukaan Tali PP Multifilament ini lebih Halus dan Fleksibel dibandingkan dengan Tali PP Monofilament. Dan secara Warna pun Tali ini memiliki Warna Putih Polos, sedangkan untuk Tali PP Monofilament memiliki Warna Putih Strip Biru.

Tali ini memiliki Fungsi atau Kegunaan yang sama dengan PP Monofilament, yaitu digunakan sebagai Lashing (Mengikat), Mooring (Menambat) biasanya untuk Ukuran yang Besar, Membuat Net atau Jala-Jala di Industri Perikanan, dan Towing (Menarik) dan ini juga biasanya digunakan untuk Ukuran yang besar atau memiliki Ukuran diatas 36 mm Diameternya.

Secara Ukuran yang dimiliki Tali PP Multifilament ini dibagi menjadi 2 Konstruksi, yaitu 3 Strand dan 8 Strand. Untuk Konstruksi 3 Strand memiliki Diameter 6 – 36 mm. lalu Kelebihan yang dimiliki oleh Tali PP Multifilament ini adalah Ketahanan Gesekan yang lebih baik, lalu Lebih tahan Hentakan dibandingkan dengan Tali PP Monofilament.

TALI MANILA

Tali Tambang Manila

Kalau Tali Manila agak berbeda dari kedua Tali sebelumnya, Tali ini jauh bebeda yaitu secara Permukaan Tali ini memiliki Permukaan Kasar dan Kaku, serta memiliki Warna Coklat. Tali ini terbuat dari Serat Abacca atau dari Pisang Manila. Ukuran nya hanya 4 – 32 mm dengan Konstruksi 3 Strand. Dan tidak memiliki Ukuran yang besar atau Konstruksi 8 Strand.

Karena memiliki Tampilan yang menarik, wajar jika Tali Manila ini juga bisa digunakan sebagai Dekorasi. Selain itu Tali Manila juga berfungsi Utama sebagai Tali Tangga Kapal karena Tali Manila saat Kondisi basah kemudian mengering, Tali ini akan mengerut sehingga simpul yang dibuat akan semakin kuat, dan Tali Manila ini tidak licin.

TALI HDPE

Tali Plastik HDPE

Memiliki beragam warna, cukup mudah untuk mengenali Tali HDPE ini. Tidak terlalu memiliki banyak Penjelasan mengenai Tali ini. Tali HDPE terbuat dari Polyethylene, dan memiliki Karakteristik yaitu Licin dan Kaku, serta di Air Tali ini akan mengambang. Seringkali menjumpai Tali ini dalam kebutuhan sehari-hari

Ukuran untuk Tali HDPE adalah 4 – 24 mm, dan memiliki Konstruksi yaitu 3 atau 4 Strand. Tali ini tidak memiliki Ukuran dan Konstruksi yang besar. Biasanya Tali ini digunakan untuk Kebutuhan Rumah Tangga, yaitu sebagai Lashing (Mengikat), Packing barang-barang, Tali Jemuran, dan dapat juga digunakan untuk membuat Net atau Jala-Jala di Industri Perikanan.

TALI PP MULTI FLAG LINE

Tali Bendera

Memiliki Nama lain yaitu Tali Bendera, tentunya Tali ini memiliki fungsi yaitu sebagai Tali Bendera. Karena memiliki Tampilan Fisik yang menarik. Tali ini berasal dari Polyprophylene atau Tali PP Multifilament, tetapi Tali PP Multi Flag Line ini memiliki jumlah Strand yaitu 16 Strand. Dengan Ukuran yang tidak terlalu besar hanya 6 – 12 mm saja.

Nah, itu dia tadi penjelasan mengenai Jenis-Jenis Tali Berukuran Kecil. Bagaimana ? apakah sudah pada tahu sekarang menggunakan Tali yang mana untuk kebutuhan kalian ? untuk Penjelasan Detailnya kalian bisa lihat Video berikut ini mengenai Jenis-Jenis Tali Berukuran Kecil (PP Monofilament, PP Multifilament, Tali Manila, HDPE, dan PP Multi Flag Line). Dan jangan lupa yaa Like dan Share ke Temen-Temen lainnya.

Kunjungi Website kami di www.asmarines.com. Karena akan banyak banget Informasi-Informasi menarik dan Informatif seputar Peralatan Kebutuhan Kapal Laut dan Industri lainnya. Karena PT. ANUGRAH SUKSES MARINE menyediakan lebih dari 2.500 Jenis Alat Kapal, dan Industri lainnya seperti Alat Berat, Oil&Gas, Lifting Equipment, dan lain-lain. Pertanyaan dan Pemesanan, Hubungi Kami :

PT ANUGRAH SUKSES MARINE
Jl. Cengkeh No. 19 F
Jakarta Barat, 11110 DKI Jakarta
Telp : (021) 691 9595
Whatsapp : 0857 7730 4523 / 0815 1326 1733
Email : marketing@asmarines.com
Website : www.asmarines.com
Facebook : PT Anugrah Sukses Marine
Youtube : Asmarines

 

hubungi asmarines