kontak2

Halo temen-temen setia asmarines.. Selalu sehat ya.. Oke langsung aja nih.. jadi kali ini gw mau membahas dan memaparkan tentang apa saja fungsi tali tambang di kehidupan kita baik itu kerja maupun rumah. Untuk itu pastikan kalian mengetahui apa saja fungsi dari tali tambang ini ya guys.. Karena siapa tau nanti kalian punya tali tambang tapi jadi nganggur karena dikira cuma bisa buat lomba tarik tambang doang. Hehehe

 

Oke jadi gw jelasin dulu ya tali tambang itu apa.. Sebenarnya tali tambang itu ada beberapa jenis lho.. Dan kalian perlu tau ya semuanya. Tapi pada artikel ini kami akan lebih fokus menjelaskan tentang tali tambang yang lebih umum di Indonesia yaitu tali berwarna coklat yang biasa juga disebut dengan tali manila.

 

Balik lagi ya.. jadi sebenarnya jenis tali tambang itu ada banyak, dan berikut ini adalah beberapa jenis tali tambang yang seharusnya kalian ketahui :

  • Tali Manila
  • Tali PP
  • Tali Nilon

 

Nah jadi ada 3 jenis tali yang sebenarnya disebut dengan tali tambang ya guys. Tapi karena tadi gw udah ngomong bakalan jelasin fungsi tali tambang yang tali manila aja, jadi kami akan tetap pada pembahasan tersebut. Biar pembahasannya ga terlalu melenceng ya.

 

FUNGSI TALI TAMBANG MANILA

Oke jadi fokus ke tali tambang manila aja ya guys.. Jadi tali manila ini adalah tali yang dibuat dari serat alami yaitu serat yang berasal dari tumbuhan asli sejenis pisang atau disebut dengan orang lokal dengan tumbuhan abaca. Nah abaca ini adanya di Filiphina yang beribukota Manila.

 

Jadi kata tali manila itu diambil dari ibukota negara filiphina sendiri ya guys.

 

Nah sedangkan fungsinya sendiri akan kami bagi ke dua bagian ya yaitu untuk kerja dan untuk rumah. Yang pertama yaitu fungsi tali tambang manila di lingkungan pekerjaan. Tali manila sendiri banyak digunakan di lingkungan perkapalan, perikanan, kargo dan perkayuan atau logging.

 

Kegunaannya di bidang perkapalan yaitu digunakan untuk :

  • Tangga Monyet atau tangga darurat yang biasa digunakan untuk menurunkan orang dari kapal utama ke kapal sekoci. Atau terkadang pada kapal kecil juga bisa digunakan untuk naik antara tingkat satu ke tingkat lainnya.
  • Tali pengikat kapal saat bersandar. Untuk kapal kecil tali ini masih sanggup untuk mengikat kapal untuk bersandar ( tapi kapal berukuran kecil saja ).
  • Pengikat barang

 

Kegunaannya di bidang perikanan :

  • Tali penarik jala ikan
  • Tali ikat jangkar berukuran kecil

 

Kegunaan di bidang kargo :

  • Jala-jala untuk mengangkut barang dengan jumlah banyak untuk sekali angkut.
  • Tali ikat untuk barang atau kotak-kotak yang harus ditumpuk atau disejajarkan.

 

Kegunaan di bidang Logging :

  • Tali ikat kayu kecil - sedang

 

Nah itu tadi beberapa fungsi tali tambang manila yang perlu kalian ketahui ya guys. Kalo tali tambang yang lain seperti tali PP dan tali nilon itu lebih kearah aplikasi berat guys. Misalnya untuk aplikasi angkat, tali ikat kapal besar untuk bersandar, tarik, dan beberapa aplikasi berat lainnya.

 

Yaw dah kalo gitu.. cukup segini ya gw rasa informasi tentang fungsi tali tambang manila yang perlu kalian ketahui. Semoga kalian jadi lebih tau fungsi lain dari tali tambang yang kalian miliki ini. Oke kalo gitu kami pamit dulu dah.. Jaga kesehatan selalu dengan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Salam..!!

hubungi asmarines