kontak2

Bahan Baku Tali Kapal

 

Mungkin untuk yang bekerja di dunia perkapalan, sudah tidak asing lagi dengan namanya Tali Kapal atau Tali Tambang. Dari bentuk nya, jenis-jenis nya ataupun brand yang produksinya, sebagian sudah mengetahui. Tetapi pernah tidak kita bertanya-tanya bahan apa sih yang digunakan untuk membuat sebuah Tali Kapal atau cara membuatnya? Mari kita simak sama-sama artikel yang akan kita bahas yaitu Bahan Baku Tali Kapal.

FYI, Untuk Perusahaan kami sendiri PT. Anugrah Sukses Marine telah berpengalaman dibidang perkapalan yang mana banyak berbagai macam keperluan, seperti Tali Kapal, Rantai Kapal, Jangkar Kapal dan juga berkaitan dengan Alat Angkat (Lifting) dan Alat Sambung (Rigging). Stock dan Kualitas yang disediakan cukup lengkap dan baik. Harga Tali Kapal pun bersaing dan bersahabat.

Sebenernya, untuk Bahan Baku Tali Kapal memiliki beberapa jenis tergantung kebutuhan maupun tipe pada Tali Kapal itu sendiri. Bahan Baku untuk Tali Kapal yang umum, yaitu Polypropylene (PP), namun ada juga Nylon 100% dan Serat Abaca (pisang manila).

 

Jenis-Jenis Tali Kapal Dan Bahan Baku Tali Kapal :

 

1. PP Monofilament

Seperti namanya, jenis Tali Kapal PP Monofilament ini berbahan utama yaitu Polypropylene. Karakteristik dari jenis Tali Kapal PP Monofilament yang berbahan Polypropylene kasar, kaku dan jika di air Tali akan mengambang. Untuk kontruksi Tali Kapal PP Monofilament ada di 6 mm - 36 (3 Strand) dan 40 mm / cir5 keatas (8 Strand). Perusahaan yang memproduksi Tali Kapal PP Monofilament yaitu, Manho (Korea) dan Tidak ada merk. Ciri-ciri pada Tali Kapal Monofilament, warna putih dan adanya penanda strip biru.

 

Kelebihan dari PP Monofilament yang berbahan Polypropylene adalah :

  1. Breaking Load tinggi.
  2. Tahan bahan kimia, minyak dan oli.
  3. Tidak menyerap air, breaking load saat basah dan kering sama.

 

bahan-baku-pp-mono

 

2. PP Multifilament

Jenis Tali Kapal PP Multifilament ini untuk bahan nya sama dengan PP Monofilament yaitu Polypropylene, tetapi untuk jenis Tali PP Multifilament ini untuk karakteristik nya cukup berbeda dengan jenis Tali PP Monofilament. Untuk Tali PP Multifilament, karakteristiknya halus, fleksibel dan di air akan mengambang. Kenapa untuk karakteristiknya berbeda padahal untuk bahannya sama? Jadi untuk jenis Tali Kapal Multifilament ini hanya berbeda disaat  proses pembuatannya. Jika filament atau serat Tali untuk jenis Monofilament itu lumayan besar beda dengan Multifilament untuk filament atau serat Tali nya cukup kecil, sehingga permukaan Tali cukup halus. Kontruksi nya sendiri PP Multifilament sama dengan PP Monofilament yaitu di 6 mm-36 (3 Strand) dan 40 mm (cir5) keatas (8 Strand). Perusahaan yang memproduksi Tali Kapal PP Multifilament yaitu, Dongyang (Korea) dan Tidak ada merk. Ciri-ciri pada Tali Kapal Multifilament, Putih berkilat.

 

Kelebihan dari PP Multifilament yang berbahan Polypropylene adalah :

  1. Lebih tahan gesek
  2. Lebih tahan hentakan

 

bahan-baku-pp-multi

 

3. Tali Manila

Dari banyaknya jenis-jenis Tali Kapal, hanya Tali Manila saja yang menggunakan bahan alami yaitu, Serat Abaca yang mana serat itu diambil dari Pohon Pisang Manila yang berasal dari negara Filipina namun banyak tumbuh liar di Indonesia. Karakteristik dari Tali Manila untuk permukaan tali nya kasar dan jika berada di air akan tenggelam. Kontruksi dari jenis Tali Manila ini hanya ada untuk 6-36mm (3 Strand) saja.  Perusahaan yang memproduksi Tali Kapal Manila yaitu, Gurita (Lokal). Ciri-ciri pada Tali Kapal Manila, coklat.

 

Kelebihan dari Tali Manila yang berbahan Serat Abaca adalah :

  1. Permukaan Tali tidak licin
  2. Tampilan fisik bagus untuk dekorasi
  3. Tahan gesek
  4. Jika terkena basah dan kemudian mengering, tali akan mengerut sehingga simpul yang telah dibuat akan semakin ketat dan ikatan jadi makin kuat (cocok untuk tangga kapal).

 

bahan-baku-tali-manila

4. Tali Nylon ( 100% Nilon)

Untuk jenis Tali Kapal Nylon ini yang paling kuat dari jenis-jenis tali lainnya. Tali Nylon sendiri terbuat dari bahan baku Nylon Multifilament. Karakteristik jenis Tali Nylon permukaan halus dan jika di air akan tenggelam. Kontruksi dari Tali Nylon hanya ada di 48mm / Cir 6 keatas ( 8 strand) saja. Perusahaan yang memproduksi Tali Kapal Nylon yaitu, Dongyang (Korea). Ciri-ciri pada Tali Nylon itu hampir mirip dengan PP Multifilament, dari karakteristik dan warnanya pun hampir sama. Jadi untuk membedakan Tali Kapal PP Multifilament dengan Tali Kapal Nylon itu sulit, maka dari itu cari lah distributor asli dan terpercaya agar tidak tertipu atau keliru. PT. Anugrah Sukses Marine sebagai distributor asli menjual Tali Nylon asli 100%.

 

Kelebihan dari Tali Kapal Nylon adalah :

  1. Salah satu filament atau serat terkuat
  2. Breaking Load tinggi
  3. Elastisitas terbaik diantara jenis-jenis tali yang lain
  4. Tahan sinar matahari
  5. Tahan gesek

 

bahan-baku-tali-nylon

 

Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat serta bisa menambah pengetahuan anda tentang tali tambang kapal.

Untuk informasi lebih akurat mengenai penawaran harga & pemesanan dapat menghubungi staf marketing kami di nomor (021) 691-9595 atau dapat menghubungi kami melalui layanan Whatsapp Chat dengan klik tombol dibawah ini :

Kunjungi juga Channel Youtube kami di Asmarines Official, disana anda bisa lihat Video-Video mengenai Update Produk, Tutorial Produk, Perbedaan Produk, dan Konten Video menarik lainnya.

hubungi asmarines