kontak2

Halo temen-temen asmarines yang tercinta sebangsa dan setanah air. Hohoho.. Mulai patriotik gini jiwa gw.. hehehe.. Oke jadi banyak banget yang menanyakan perbedaan chain block dan lever block itu apa aja ya.. Nah pada artikel ini kami akan menjawab pertanyaan tentang perbedaan chain block dan lever block untuk kalian semua.

 

Artikel ini kami buat agar kalian dapat membedakan chain block dan lever block, sehingga dalam penggunannya nanti kalian tidak akan salah mengaplikasikan alat tersebut. Karena saat sebuah alat digunakan dengan salah atau tidak benar, maka penggunaannya sendiri tidak akan maksimal.

 

Dan jika kalian tidak bisa menggunakan chain block dan lever block dengan maksimal, maka kedua alat tersebut tidak akan bisa kalian gunakan dengan benar. Baik dari sisi kapasitas angkat yang kurang maksimal ataupun penggunaan yang salah, sehingga chain block ataupun lever block kalian menjadi cepat rusak.

 

Sayang banget ya kalo kalian punya barang yang cepet rusak karena salah kalian sendiri yang tidak bisa menggunakannya dengan benar. Sayang juga waktu dan uang kalian untuk serive barang kalian. Karena dengan begitu produktifitas kalian tidak akan bisa maksimal pula.

 

Jadi ketahuilah perbedaan chain block dan lever block dari artikel ini ya. Semoga kalian bisa mencerna dan memahami apa yang kami coba sampaikan setelah ini.

 

 

PERBEDAAN CHAIN BLOCK DAN LEVER BLOCK

Oke jadi akan kita bahas dari sisi pengertiannya dulu ya guys. Kita lihat perbedaan chain block dan lever block dari sisi pengertiannya, apakah ada perbedaan atau tidak.

 

Jadi chain block adalah sebuah alat angkat manual yang menggunakan rantai serta hook atau gancu sebagai alat bantu angkatnya. Di bagian dalamnya terdapat roda gerigi ( gear ) dan juga pulley yang berfungsi sebagai pemutar rantainya, agar rantai dapat mengangkat dan menurunkan barang.

 

Nah itu tadi pengertian chain block ya. Sekarang kita masuk pada pengertian lever block. Jadi lever block adalah alat angkat manual yang juga menggunakan rantai serta hook atau gancu sebagai alat bantu angkatnya. Di bagian dalamnya juga dilengkapi dengan roda gigi ( gear ) dan juga pulley yang fungsinya sebagai pemutar rantai agar rantai dapat mengangkat serta menurunkan barang.

 

Kalo dilihat dari sisi pengertian sama ya.. Terus apa bedanya?? bedanya adalah lever block memiliki pengunci yaitu dibagian tuasnya sehingga rantai dapat berhenti dan mengencang sesuai dengan posisi yang kalian inginkan.

 

Naahh itu tadi perbedaan chain block dan lever block dari sisi pengertiannya ya guys. Sekarang kita akan masuk kedalam cara kerja atau kegunaan dari kedua alat ini. Jadi kita akan membahas lebih detail ya tentang kedua alat ini, agar kalian lebih jelas dan dapat membedakan masing-masing fungsinya,

 

PERBEDAAN FUNGSI CHAIN BLOCK DAN LEVER BLOCK

Oke selanjutnya kami akan membahas dari segi fungsi kedua alat ini ya guys. Jadi mari kita liat apa perbedaan chain block dan lever block jika dilihat dari sisi fungsinya.

 

Untuk pembahasan fungsi yang pertama yaitu chain block ya. Chain block digunakan untuk mengangkat dan menurunkan barang secara vertikal ( naik turun ) sehingga si pengguna dapat menstabilkan posisi barang yang dinaikkan atau diturunkan. Proses pengangkatan dan penurunan pada chain block sangat pelan sehingga sangat cocok digunakan untuk barang-barang yang rentan rusak.

 

Dan untuk fungsi lever block sendiri yaitu digunakan untuk mengangkat, menurunkan, mengikat dan mengencangkan secara vertikal dan juga horizontal. Nah terlihat ya bedanya disini, dan perbedaannya dsini yang terlihat mencolok yaitu dari segi fungsinya.

 

Dengan lever block, kalian lebih memiliki pilihan untuk menggunakannya. Kelebihan lain dari lever block ini sendiri yaitu dapat dikunci menggunakan tuasnya saat digunakan untuk mengikat barang. Jadi barang tidak akan bergeser walaupun mengalami tekanan ataupun gerakan saat berada di perjalanan.

 

Tapi walaupun begitu bukan berarti chain block tidak memiliki kelebihan ya. Chain block sendiri memiliki kelebihan lebih stabil karena tidak memiliki tuas, sehingga cocok digunakan bersamaan dengan hoist baik pada crane maupun hoist di gudang. Selain itu dalam penggunaannya sendiri, chain hoist lebih simple karena kita hanya tinggal menarik rantai yang terdapat pada chain block untuk menarik atau mengangkat beban.

 

Sedangkan lever block harus menggunakan tuas untuk mengangkat atau menarik bebannya. Jadi dari sisi penggunaan untuk mengangkat, chain block lebih simple dan lebih mudah ketimbang dengan lever block. Tapi dari sisi fungsi, lever block dapat digunakan untuk beberapa jenis aplikasi.

 

Jadi sekarang kalian udah tau ya perbedaan chain block dan lever block baik dari sisi pengertian, kegunaan atau fungsi dan juga cara penggunaannya. Untuk itu setelah membaca artikel ini, kami harap kalian tidak salah dalam menentukan block apa yang akan kalian beli nantinya.

 

Apakah chain block atau lever block, tentunya kalian yang mengetahui kebutuhan kalian sendiri. Oke kalo gitu gw rasa cukup ya penjelasan kami kali ini. Jadi sampai disini dulu artikel dari kami.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya.. Salam..!!

hubungi asmarines