kontak2

Halo temen-temen semua.. Kali ini kami mau bahas sedikit tentang pengertian shackle yang harus kalian ketahui. Jadi shackle adalah sebuah alat yang termasuk kedalam jenis alat rigging, yang fungsinya digunakan untuk menjadi penyambung antara rantai dengan alat rigging lainnya seperti hook, masterlink, block, dll.

 

Selain bisa digunakan untuk menyambung rantai, shackle ini juga dapat digunakan untuk menjadi penyambung wire rope sling atau kawat sling dan sling tali dengan alat-alat rigging lainnya seperti hook dan beberapa alat yang udah kami sebutkan diatas. Jadi seperti yang udah kami sebutkan diatas ya, bahwa shackle ini merupakan alat penyambung atau media penyambung untuk kebutuhan :

  • Sling Rantai
  • Kawat Sling
  • Sling Tali
  • Webbing Sling

 

Selain dari sling diatas biasanya penggunaannya merupakan modifikasi. Dan saran kami bagi yang menggunakan modifikasi penggunaan tersebut, mohon tetap mengikuti petunjuk dari perhitungan nilai breaking load shackle dengan beban yang akan diangkat atau ditarik nantinya.

 

Karena shackle baik untuk apapun itu, cara penggunaannya tetap harus mengikuti aturan penggunaan dari shackle tersebut. Dan perlu kalian ingat ya, masing-masing merk shackle memiliki nilai breaking load yang berbeda walaupun ukurannya sama. Jadi jangan pernah untuk menyama ratakan penggunaan shackle tersebut dari sisi beban yang akan kalian angkat atau tarik.

 

 

JENIS DAN TIPE SHACKLE

Kalo tadi kita sudah bahas tentang pengertian shackle dan juga kegunaannya. Maka selanjutnya yang akan kami bahas adalah jenis dan tipe dari shackle ini sendiri ya guys.

 

Jadi shackle ini memiliki 2 tipe nih guys. Berikut adalah ketiga tipe tersebut :

  • Shackle Omega
  • Shackle Dee

 

Berikut adalah gambar dari kedua jenis shackle tersebut agar kalian tidak perlu membayangkan bentuknya dan membayangkan kegantengan wajahku.. Wakakakak.

 

Jenis Shackle

 

Nahh.. udah lihat ya gambarnya.. Kedua jenis shackle tersebut tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda ya guys. Namanya juga beda bentuk. Ya pasti beda juga lah ya fungsinya.. HEhehehe

 

 

SHACKLE OMEGA

Untuk tipe atau jenis shackle yang pertama yaitu shackle omega ya guys. Shackle omega ini adalah shackle yang memiliki bentuk lebar dibagian lingkar pengaitnya hingga berbentuk seperti tapal kuda atau bisa juga kalian sebut mirip bentuk lambang omega. Makanya dinamain lah shackle ini dengan shackle omega. Biar ga ribet cari nama aja kali ya produsennya dulu waktu awal nyiptain. Hehehe.

 

Dan kegunaan dari shackle ini yaitu sangat cocok digunakan dengan wire rope dan tali. Karena kalian tau sendiri ya, tali dan wire rope itu kan memiliki diameter, dan bentuk omega sendiri bulat memiliki diameter. Jadi pas banget kalo dipasngin bareng shackle omega ini.

 

SHACKLE DEE

Jenis atau tipe shackle yang kedua yaitu shackle dee. Untuk shackle dee ini bentuknya lonjong, dan jika dimiringin bentuknya kaya huruf "D". Makanya dinamain shackle dee dan sekali lagi untuk penamaan shackle ini dibikin kaya gitu biar ga ribet juga kali ya. Hehehe..

 

Dan untuk kegunaannya sendiri, shackle Dee ini sangat cocok digunakan bersama dengan rantai. Kenapa begitu? Karena bentuk D yang pipih ini tadi sangat pas dengan bentuk rantai yang juga pipih. Jadi saat rantai dan shackle dee disatukan langsung akan berubah menjadi ultraman. Hahaha..

 

Becanda dulu gpp kali ya.. Ya pokoknya pas banget lah kalo kedua benda tersebut disatukan.

 

Okee.. jadi itu tadi ya pengertian shackle dan informasi lainnya yang berkaitan dengan shackle ini. Semoga artikel dari kami ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Jangan lupa selalu bekerja sesuai petunjuk keamanan kerja ya guys. Be Safe..

hubungi asmarines