kontak2

PENGERTIAN RANTAI

Halo temen-temen semua, gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik-baik aja ya.. Oke guyss. kali ini mimin mau bahas tentang pengertian rantai. Jadi rantai itu apa, fungsinya buat apa dan jenisnya ada apa aja. Nah tentunya artikel ini akan menjadi artikel yang bermanfaat buat kalian ya. Apalagi kalian saat ini seorang pelajar yang memang sedang mencari informasi tentang pengertian rantai dan selebihnya.

Tentunya artikel ini akan sangat berguna buat kalian, dan tentunya akan menambah nilai tugas kalian biar bisa naik kelas. Hehehe.. Terus semangat belajar untuk membuat Indonesia jadi lebih baik.. Hmmm jadi nasionalis gini gw.

Oke langsung aja apa sih pengertian rantai ini? Jadi rantai adalah sebuah rangkaian dari mata rantai yang mata rantai tersebut dibuat dari batang besi yang ditekuk dan dibentuk melingkar kemudian disambung dan dirangkai satu persatu menjadi satu kesatuan yang disebut rantai itu tadi.

Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

Pengertian Tali

 

Nah itu dia ya gambarnya. Jadi satu mata rantai tersebut disambung satu persatu menjadi satu rangkaian yang panjang dan memiliki panjang tertentu. Satu rangkaian mata rantai tersebutlah yang disebut dengan rantai guys.

Gimana nih?? sekarang udah ngerti dong pengertian rantai ini.

Kalo kalian udah ngerti artinya, selanjutnya kita akan bahas fungsinya nih guys.

 

FUNGSI RANTAI

Kalo kita udah tau apa itu rantai, maka selanjutnya kita harus tau dong rantai itu dibuat sebenarnya untuk apa sih. Jadi kalo udah ngerti fungsi dari rantai ini, kalian bisa menggunakan rantai sesuai dengan fungsinya dong. Karena jangan sampe kalian menggunakan rantai untuk aplikasi yang memang tidak cocok atau tidak sesuai dengan rantai tersebut. Kalo misal rantai tersebut cuma kalian pake buat aplikasi ringan aja. Lah kalo untuk aplikasi berat tapi ternyata ga sesuai sama rantai yang kalian pakai, tentunya kalian akan membahayakan orang-orang yang bekerja disekitar aplikasi yang kalian terapkan tersebut.

Bahaya banget guys kalo kalian sampai salah menggunakan rantai tidak sesuai dengan fungsinya.

Tapi gw mau kasih penekanan dulu disini. Karena rantai itu banyak jenisnya dan masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Maka alangkah baiknya kami menjelaskan fungsi rantai sesuai dengan jenisnya aja, biar kalian bisa lebih memahami apa yang coba kami sampaikan pada artikel ini.

 

RANTAI BESI

Nah jenis rantai yang pertama akan kami sampaikan adalah rantai besi. Dan rantai besi yang ada saat ini juga memiliki beberapa jenis lagi nih guys. Dan jenis dari rantai besi ini dibedakan berdasarkan finishingnya guys. Berikut adalah jenis dari rantai besi itu sendiri :

  • Rantai Stainless Steel
  • Rantai Galvanis
  • Rantai Besi biasa

 

RANTAI STAINLESS STEEL

Untuk rantai stainless steel memiliki ketahanan terhadap karat dengan sangat baik, sehingga dapat digunakan baik diluar ruangan ataupun di dalam ruangan. Diluar ruangan ini juga bisa digunakan pada daerah yang bergaram seperti daerah muara ataupun daerah pinggir pantai. Tetapi untuk penggunaannya sendiri di lapangan juga bervariasi, jadi akan kami coba rangkum pada beberapa poin dibawah ini ya guys untuk fungsi dari rantai stainless steel ini :

  • Dekorasi
  • Trawl ( pemberat jala ikan )
  • Lashing

 

RANTAI GALVANIS

Jenis rantai besi yang kedua yaitu rantai besi dengan finishing galvanis. Perlu kalian ketahui ya, rantai besi dengan finishing galvanis ini juga tahan terhadap karat. Walaupun masih lebih baik ketimbang rantai stainless steel. Ya paling tidak masih cocok lah buat aplikasi-aplikasi yang kudu berada diluar atau daerah bergaram.

Terus untuk aplikasinya sendiri di Lapangan yaitu digunakan untuk :

  • Lashing
  • Towing

 

Kalian bisa menggunakan rantai galvanis ini untuk kebutuhan ringan dan menengah ya guys. Tapi tergantung dari ukuran rantai itu juga pastinya. Contoh aplikasi-aplikasi yang menggunakan rantai galvanis ini yaitu derek mobil, logging, cargo dan lain-lain.

 

RANTAI BESI BIASA

Untuk jenis rantai besi yang terakhir yaitu rantai besi biasa ya guys. Rantai besi biasa ini adalah rantai besi biasa yang tidak difinishing apapun, atau hanya dibalut cat besi jadi tidak melapisi rantai itu dalam waktu yang lama. Dan untuk aplikasi yang biasa digunakan pada rantai besi biasa ini yaitu :

  • Lashing ( pagar, binatang, gudang, dll )

 

Untuk rantai besi ini emang dikit ya penggunaannya. Karena memang rantai besi biasa ini tidak memiliki nilai breaking load, sehingga hanya cocok digunakan untuk aplikasi ringan saja. Dan karena lapisannya tidak bertahan lama, jadi tidak bisa melindungi dia dari karat yang berasal dari luar. Contoh air hujan, air laut, udara asam, dll.

Intinya rantai besi biasa ini hanya cocok digunakan untuk aplikasi yang lebih sering didalam ruangan, karena untuk menghindari resiko pengaratan itu tadi guys..

 

Nahhh gimna sekarang?? kalian udah tau ya pengertian rantai, jenis dan juga fungsi dari masing-masing jenis rantai tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan bagi kalian yang memang sedang ada kebutuhan akan rantai yang telah kami sebutkan diatas, kalian bisa melihat katalog rantai pada link berikut >> katalog rantai <<

 

Sebenarnya ada jenis rantai yang lain, tetapi tidak kami bahas pada artikel ini karena memang kegunaannya yang sudah jelas. Seperti contohnya rantai jangkar, rantai kendaraan. Nah dari namanya aja kalian pasti udah tau ya fungsi dari rantai tersebut. Jadi mending ga gw jelasin. Tapi intinya untuk jenis rantai sendiri itu ada 4 macem yaitu :

  • Rantai Baja
  • Rantai Besi
  • Rantai Jangkar
  • Rantai Kendaraan

 

Okee.. cukup sekian artikel dari kami,, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang rantai dan dapat menjawab pertanyaan kalian tentang pengertian rantai itu sendiri.

hubungi asmarines