kontak2

Kali ini kami akan membahas pengertian lever block dan kegunaannya untuk kalian. Jadi Lever block adalah salah satu jenis alat angkat yang cara kerjanya menggunakan roda ( pulley ), Gerigi ( gear ), rantai dan juga hook sebagai media angkatnya. Jika dilihat dari sisi pengertian memang sama dengan chain block ya.

 

Tetapi lever block memiliki fungsi yang lebih bervariasi ketimbang chain block karena lever block dapat digunakan untuk pengangkatan, penarikan dan juga aplikasi ikat. Hal ini dikarenakan lever block bisa bekerja baik secara vertikal maupun horizontal.

 

Dan untuk kegunaannya sendiri bisa kalian gunakan pada berbagai hal ya. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari lever block yang perlu kalian ketahui :

 

PENGERTIAN LEVER BLOCK DAN KEGUNAANNYA

Jadi di lapangan, banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan dengan menggunakan lever block ini ya guys. Dan beberapa kegunaan dari lever block tersebut akan kami coba rangkum pada beberapa poin di bawah ini. Tetapi kami tentunya tidak akan bisa menyebutkan semua kegunaan lever block ini ya guys.

 

Jadi jika ada kekurangan harap dimaklumi, kami disini hanya sebatas menulis artikel dengan pengalaman yang sudah kami dapat selama ini.

 

PERGUDANGAN

Aplikasi yang banyak menggunakan lever block sebagai alat bantu angkat yaitu yang pertama adalah pergudangan. Di gudang sendiri banyak sekali barang-barang yang perlu dirapikan. Khususnya saat barang masuk dan barang keluar, maksudnya saat barang masuk dari kontainer. Dan keluar saat ada pembelian.

 

Nah saat ada perputaran barang seperti itu, para pekerja butuh yang namanya alat bantu pengangkatan. Umumnya saat penurunan barang dari kontainer alat yang digunakan yaitu hoist crane dan juga hand pallet ataupun kendaraan pallet. Tapi untuk merapikan barang-barang mereka membutuhkan alat yang lebih ringkas.

 

Misalnya yaitu lever block ataupun chain block. Jadi kedua alat ini sangatlah penting digunakan di pergudangan. Karena lever block bisa digunakan untuk mengikat, jadi saat ada penjualan makan lever block juga bisa digunakan saat pengiriman barang ke customer.

 

Bisa digunakan untuk mengikat barang saat pengiriman maksudnya.

 

 

MANUFAKTUR / PABRIK

Pada industri manufaktur, lever block dapat digunakan juga untuk merapikan barang yang akan di packing. Karena saat packing butuh alat-alat yang lebih ringkas untuk mengangkat barang produksinya. Tentunya industri manufaktur yang kami maksud disini yaitu yang memproduksi barang-barang yang cukup berat ya.

 

Tetapi di Industri ringan juga lever block bisa digunakan untuk mengangkat mesin yang sedang atau akan diperbaiki. Jadi saat ingin mengangkat atau memasang mesin yang diperbaiki, tentunya perlu alat yang dapat mengangkat mesin tersebut dengan perlahan.

 

Untuk itu lever block dan chain block juga sangat cocok untuk aplikasi ini. Bedanya lever block juga bisa untuk mengikat mesin yang akan dikirimkan ke bengkel servicenya.

 

 

KARGO

Selanjutnya yaitu pada industri kargo, dan tentunya kargo disini adalah kargo barang-barang yang berat dan rawan rusak ya. Lever block dapat digunakan untuk memindahkan kargo dari kontainer atau dari truk. Dan selain itu lever block juga bisa digunakan untuk mengikat kargo yang sedang dikirim.

 

Jadi intinya disini lever block sangat umum digunakan untuk aplikasi light lifting dan juga aplikasi ikat ya. Untuk itu kalian harus menggunakan lever block sesuai dengan kekuatannya. Jangan pernah memaksakan penggunakan lever block untuk aplikasi kalian di lapangan.

 

Karena hal tersebut hanya akan mempercepat atau mengurangi umur lever block kalian. Dan tentunya lever block yang rusak harus mengalami service. Dan tentunya dengan sering service, uang dan waktu kalian akan terbuang. Untuk itu selain menggunakan lever block dengan benar dan bijak, kalian juga harus merawat lever block kalian secara berkala ya.

 

Jadi cukup sekian ya artikel dari kami ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kalian dan kebersihan diri kalian ya ditengah pandemi korona ini. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan dan keselamatan ya.. Salam..!!

hubungi asmarines