kontak2

Pengertian chain block adalah salah satu jenis alat angkat yang merupakan alat angkat manual sederhana yang menggunakan pulley ( roll ), roda gerigi ( gear ) dan rantai serta hook ( ganco ) sebagai media pengangkatnya. Kapasitas angkat dari chain block ini sendiri tidak terlalu besar. Hanya sekitar 0.5 sampai dengan 50 ton.

 

Berbeda dengan rantai, wire rope dan juga tali yang dapat mengangkat hingga ratusan bahkan ribuan ton. Karena memang ukurannya yang kecil jadi ga mungkin juga kan chain block ini bisa mengangkat beban hingga ribuan ton.

 

Serem banget juga kalo emang bisa. Alatnya kecil, tapi bebannya segede gaban. Yang liat juga ngeri sendiri pasti, apalagi yang ngangkat. Hahahaha

 

PENGERTIAN CHAIN BLOCK DAN KEGUNAANNYA

Oke jadi tadi kita udah membahas tentang pengertian chain block dan juga kapasitas dari chain block itu sendiri ya. Dan sekarang kita akan membahas tentang kegunaan dari chain block ini sendiri ya.

 

Chain block ini sendiri umumnya digunakan untuk aplikasi pengangkatan yang tidak terlalu tinggi atau pengangkatan rendah karena panjang rantainya sendiri yang tidak bisa ditambah. Selain itu, chain block ini juga biasa digunakan dengan crane seperti contohnya dengan hand overhead crane, fixed hoist crane, rel tunggal kecil dan lain-lain yang semacamnya.

 

Dan untuk lebih jelasnya, kami akan coba untuk membagi dengan lebih spesifik dari kegunaan chain block ini sendiri dari sisi aplikasi di lapangan. Hal ini kami lakukan agar kalian dapat membedakan fungsi chain block ini dari sisi industri kerjanya. Jadi bagi kalian yang tidak bekerja di Industri tersebut tidak perlu membacanya.

 

Cukup fokus pada industri yang sedang kalian geluti aja yang perlu kalian baca. Biar lebih enak aja bacanya buat kalian yang memang sedang mencari informasi ini. Oke jadi langsung kita bahas aja ya satu persatu kegunaannya dari sisi Industri yang kalian geluti.

 

 

INDUSTRI KONSTRUKSI

Pada industri konstruksi, chain block dapat digunakan untuk mengangkat barang-barang yang pemasangannya butuh penyesuaian yang pelan dari atas. Misalnya yaitu besi panjang, panel precast. Jadi saat beban tersebut diangkat kemudian diturunkan pelan-palan.

 

Maka orang-orang dibawahnya bisa menyesuaikan posisi beban yang akan dipasang. Hal ini dapat memudahkan mereka memasang beban tersebut dengan lurus dan rapi. Sehingga nantinya hasil konstruksi bangunan yang mereka kerjakan dapat presisi dan lurus.

 

Apalagi untuk konstruksi gedung dan jembatan. Tentunya industri ini butuh hasil yang presisi dan lurus untuk mendapatkan hasil yang maksimal baik dari sisi kekuatan dan juga kerapiannya.

 

INDUSTRI PERKAPALAN

Pada industri perkapalan, chain block biasa digunakan untuk aplikasi kebutuhan kargo kapal. Pada industri ini, chain block biasa digunakan bersamaan dengan fixed crane dan hand overhead crane.

 

Biasanya penggunaan chain block bisa diaplikasikan untuk mengangkat dan menurunkan barang-barang yang rentan rusak atau yang tidak boleh dibanting. Jadi untuk pengangkatan dan penurunannya butuh alat yang dapat melakukannya dengan pelan dan hati-hati.

 

Untuk itu chain block sangat cocok digunakan untuk membantu operasional di kargo. Baik kargo di luar kapal maupun didalam kapal.

 

 

INDUSTRI MANUFAKTUR

Pada industri ini, chain block bisa digunakan untuk aplikasi pengangkatan dan perapian barang-barang hasil produksi. Jadi khusus untuk barang-barang yang harus dilakukan secara hati-hati maka chain block sangat diperlukan untuk aplikasi tersebut.

 

Selain itu chain block juga dapat membantu mengangkat dan menurunkan mesin-mesin pabrik yang mengalami kerasukan.. eh salah maksudnya kerusakan. Jadi perlu maintenance di luar pabrik. Nah untuk pengangkatan dan penurunannya pastinya butuh alat yang dapat melakukannya dengan hati-hati.

 

Jadi intinya chain block pada industri ini digunakan untuk menggantikan tenaga manusia.

 

Nah itu tadi ya penggunakan chain block pada berbagai aplikasi dan Industri di Lapangan. Sebenernya masih banyak ya penggunakan chain block pada beberapa industri lain. Tapi mohon maaf kami tidak bisa menyebutkannya satu persatu karena memang bukan di bidang kami.

 

Kami juga tidak berani menyampaikan informasi tidak berdasarkan fakta. Jadi ga boleh dong kalo kami menyampaikan sesuatu yang tidak kami kuasai. Karena hal itu bisa menyebabkan kesesatan dalam mendapatkan informasi. Seperti sesat dijalan saat bertanya pada orang jail. hmmm

 

Kesel banget kalo lagi nanya jalan tapi malah disasarin sama orang iseng. Kalian jangan jadi orang kaya gitu ya guys. Jadilah orang yang baik dan berguna bagi orang lain. Insyaa Allah jadi ladang pahal buat kalian semua.. Hmmm gw udh mulai tausiyah nih..

 

Yaw dah guys sampai disini aja kali ya artikel kami kali ini.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

hubungi asmarines