kontak2

Halo temen-temen setia pengunjung asmarines.com, khususnya bagi temen-temen yang hobi traveler nih. Jadi kali ini kami mau kasih panduan keselamatan kapal sebelum berlayar dan saat di kapal buat kalian semua. Artikel ini kami buat agar nantinya kalian punya bekal pengetahuan dan persiapan baik sebelum berangkat dan saat berada di kapal.

 

Karena bagi para orang-orang yang masih awam ditakutkan belum siap menerima kejamnya dunia kelautan. Hehehe.. Apalagi buat kalian yang baru-baru nyoba traveling pake kapal. Kalo ga punya persiapan yang mateng bisa-bisa kalian minta pulang, Hehehe..

 

Seru ya kalo naek kapal jika dibandingkan naek pesawat. Apalagi buat kalian para traveler yang memang seneng menikmati alam dan menikmati perjalanan traveling kalian. Karena kalo naek pesawat itu cepet dan kurang menikmati. Cocoknya buat para pekerja yang memang jadwalnya padat atau buat para pemudik yang memang dapat cuti cuma 2 hari. Nah baru cocok tuh naek pesawat.

 

Tapi kalo traveler kan lebih santai enjoy dan woles. Makanya paling enak naek kapal, ga takut jalan berlubang atau kecelakaan. Tapi bukan berarti naek kapal yang resiko ya. Sebenernya sama aja sih semua transportasi pasti punya resiko. Cuma kita yang bisa merasakan masing-masing kenikmatan mengendarai transportasi tersebut.

 

PANDUAN KESELAMATAN KAPAL SEBELUM BERLAYAR DAN SAAT DI KAPAL

Oke jadi itu tadi sedikit basa basi busuk biar artikelnya agak banyakan. Langsung aja ya disini akan kita mulai bahas tentang panduan keselamatan kapal sebelum berlayar dan saat di kapal. Dan panduan pertama yang akan kami jelaskan disini adalah sebelum berlayar.

 

Karena ga nyambung kalo gw jelasin panduan keselamatan kapal saat udah di kapal. Dimana-mana siap-siap mau berangkat dulu baru ngomongin di kapal. Hehehe.

 

PANDUAN KESELAMATAN KAPAL SEBELUM BERLAYAR

Oke jadi apa aja yang perlu anda persiapkan sebelum berlayar ini guys?? Tentunya ada beberapa perbekalan yang harus kalian persiapkan sebelum kalian berada diatas kapal ya guys. Jadi jangna lupa kali beli dulu beberapa perlengkapan berikut sebelum kalian berlayar. Tidak lain buat kenyamanan perjalanan kalian juga nantinya saat diatas kapal.

 

Cekidot..!!

 

  1. Pastikan kalian menjadwalkan keberangkatan kalian disaat musim-musim kemarau ya. Kalo perjalanan selat mungkin ga papa di musim ujan juga. Tapi kalo kita bicara perjalanan antar pulau itu biasanya lebih riskan saat terjadi hujan dan disertai angin kencang. Jadi jadwalkanlah keberangkatan kalian dengan baik sebelum kalian berangkat.
  2. Sebelum berangkat tolong jaga kesehatan, karena dilaut kalian akan sering terkena angin laut. Dan bagi yang lagi sakit tentunya bakalan lebih tersiksa dengan hembusan-hembusan dan goyangan ombak laut.
  3. Bawalah perbekalan baik berupa makanan, minuman dan obat-obatan. Terutama obat anti mabuk, karena kita ga tau kondisi fisik kalian saat dikapal bakalan mabuk apa nggak. Dan kalo udah mabuk itu kacau guys. Kalian ga akan bisa kemana-mana dan hanya bisa merintih didalam kesendirian kalian. Apalagi habis ditinggal pacar.. Makin merintih itu pasti. hehe
  4. Karena kita tidak tau situasi dan sifat-sifat dari penumpang lain, maka kami sarankan kalian jangan membawa terlalu banyak uang cash dan juga perhiasan berlebihan. Ditakutkan kalian diincar oleh orang-orang yang berniat jahat selepas kalian turun dari kapal atau saat kalian sedang tertidur.
  5. Bawalah baju hangat atau jaket yang dapat melindungi kalian dari dinginnya angin dan udara di lautan agar badan kalian tetap prima.

 

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu kalian persiapkan sebelum kalian berlayar ya guys. Ga ribet dong.. Jadi tolong kalian perhatikan kelima hal tersebut demi keselamatan dan kenyamanan kalian selama berlayar nanti.

 

Selanjutnya yang harus kalian perhatikan disini adalah panduan keselamatan kapal saat berada diatas kapal. Jadi biar kalian siap lahir batin kalo amit-amit terjadi sesuatu diatas kapal.

 

PANDUAN KESELAMATAN KAPAL SAAT DIATAS KAPAL

Nah setelah tadi kita udah bahas beberapa persiapan yang perlu kalian perhatikan dan kalian bawa sebelum berlayar. Maka selanjutnya yang akan kami bahas disini adalah panduan keselamatan kapal saat diatas kapal. Karena saat diatas kapal kalian juga memperhatikan kesalamatan diri ya guys.

 

Bukan berarti saat diatas kapal kalian udah aman ya. Karena yang namanya bencana alam kita ga pernah tau. Oke jadi langsung aja ya.. Apa aja sih yang perlu kita lakukan saat sudah berada diatas kapal? Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian lakukan :

  • Jangan terlalu memaksakan diri saat ingin naik kapal. Lihat kapasitas orang dan kendaraan yang sudah naik kapal tersebut. Jika kalian rasa sudah melebihi kapasitas, lebih baik kalian menunggu keberangkatan kapal selanjutnya.
  • Saat sudah berada diatas kapal, lihatlah peta atau denah kapal agar kalian mengetahui lokasi sekoci dan peralatan keselamatan kapal lainnya. Serta beberapa bagian ruangan yang perlu kalian ketahui.
  • Carilah atau tanyakan dimana letak jalur evakuasi saat keadaan darurat agar nantinya kalian dapat cepat sampai di titik penyelamatan.
  • Jangan duduk atau melihat-lihat pemandangan dari geladak kapal, karena pergerakan ombak besar tidak dapat kita prediksi atau kita ketahui.
  • Jika kalian menggunakan kendaraan, pastikan kendaraan anda dimatikan agar udara diruangan kapal tidak tercemar dengan racun dari polusi kendaraan anda.

 

Okee jadi itu tadi ya beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat berada diatas kapal. Jadi semoga apa yang kami sampaikan ini dapat berguna buat kalian yang ingin melakukan perjalanan dengan kapal. Dan semoga perjalanan anda menyenangkan.. Salam.!!

hubungi asmarines