MENGORDER TALI KAPAL

Bagi para pemilik kapal, tali adalah alat penting bagi operasi sehari hari. Sehari hari tali tambang digunakan untuk: menambat kapal (mooring rope), menarik kapal atau tongkang (Towing rope), mengikat (lashing rope).

Harga tali tambang atau tali kapal bervariasi tergantung jenis material, ukuran, dan merk . Berikut informasi yang diperlukan saat mengorder tali:

  1. Jenis Material
  2. Ukuran
  3. Jumlah strand
  4. Quantity

 

1) Jenis Material.

Hal pertama yang mempengaruhi harga tali adalah jenis material. Berikut beberapa jenis material tali berikut keuntungan dan rekomendasi aplikasinya. 

Tali Manila

Tali manila dibuat dari serat tanaman abaca. Tali manila punya penampilan yang menarik sehingga banyak digunakan untuk dekorasi. Tali manila harganya murah, punya ketahanan terhadap gesekan yang baik. Tali manila tidak tahan terhadap kelembaban, dan sinar matahari jangka panjang.

Aplikasi tali manila: Dekorasi, berkebun, menarik, membuat tangga kapal, membuat jala jala kapal.

Tali Polyethylene (Tali PE)

Tali Polyethylene adalah tali yang murah, tahan air, punya ketahanan terhadap matahari dan bahan kimia yang baik tetapi breaking load tidak besar.

Tali ini banyak digunakan untuk aplikasi: mengikat, perkebunan, perikanan, jala jala (jala jala ikan, jala jala olah raga).

Tali Polypropylene Monofilament (Tali PP Mono)

Tali Polypropylene Monofilament adalah tali yang murah, punya breaking load tinggi, tahan terhadap air dan bahan kimia tetapi tidak tahan terhadap sinar matahari secara terus menerus.

Tali ini banyak digunakan di kapal untuk keperluan menambat (mooring), menarik (towing), dan mengikat (lashing). Karena tidak mengantar arus listrik tali ini juga banyak digunakan untuk aplikasi yang berhubungan dengan listrik.

Tali Polypropylene Multifilament (Tali PP Multi)

Tali Polypropylene Multifilament bahan dasarnya sama dengan Polypropylene Monofilament tetapi menjalani proses ekstrusi berbeda sehingga hasilnya tali yang lebih halus.

Tali PP Multi sedikit lebih mahal dibanding PP Mono tetapi punya ketahanan terhadap gesekan dan gentakan yang lebih baik daripada PP Mono. Seperti PP Mono tali ini juga kurang tahan terhadap sinar matahari.

Aplikasi Tali PP Multifilament: menambat (mooring) dan menarik (towing).

Tali Nylon

Tali Nylon harganya mahal dan berat tetapi punya breaking load yang sangat tinggi, punya ketahanan terhadap gesek yang baik dan ketahanan terhadap gentakan yang jauh lebih baik dibanding PP Mono dan PP Multi. Tali ini juga punya ketahanan yang baik terhadap sinar matahari.

Aplikasi Tali Nylon: menambat (mooring) dan menarik (towing).

Tali Mix Rope

Tali ini adalah campuran antara PP Mono dibagian dalam dan Polyester dibagian luar. Tali ini harganya cukup mahal tetapi punya kelebihan dibanding PP Mono yaitu:

  • Punya ketahanan gesek yang sangat baik.
  • Breaking load lebih tinggi.
  • Ketahanan gentakan yang cukup baik.
  • Dapat bekerja pada suhu tinggi.
  • Tahan sinar matahari.

Aplikasi tali Mix Rope: menambat (mooring) dan menarik (towing). Karena dapat bekerja pada temperature lebih tinggi, mix rope disarankan digunakan pada kapal kapal tanker.

 

2) Ukuran. Dua Cara menyatakan ukuran tali:

Berdasarkan diameter, biasa untuk tali ukuran kecil (6 – 40mm)

Tali Kapal Ukuran

Berdasarkan keliling/circumference, untuk tali ukuran besar (40mm keatas)

Tali Kapal Ukuran

 

3) Banyaknya Strand

Menunjukkan banyaknya strand yang dipilin membentuk tali. Sering disebut kepangan tali. Berikut banyaknya strand tali tergantung jenis material:

  • Semua Tali Manila terdiri dari 3 strand
  • Tali Polyethylene – 3 atau 4 strand
  • Tali PP Mono, PP Multi, Nylon, dan Mix Rope: Untuk ukuran kecil dibawah 40mm – 3 strand, sedangkan ukuran besar diatas 40mm – 8 strand

 

4) Quantity

Panjang tali Polyethylene adalah 200 Mtr/coil. Tali jenis lain panjangnya kurang lebih 220 Mtr/coil. Untuk lebih memastikan dapat menghubungi marketing.