kontak2

MENGHITUNG KAPASITAS ATAU WLL PADA CHAIN SLING

Kapasitas pada Chain Sling lebih mudah dihitung, karena pada setiap Ukuran Chain sudah tertera Kapasitas angkat per Chain (dengan Sudut Angkat 90 derajat atau dalam Posisi Angkat tegak Lurus), dan tidak ada Perhitungan Termination Efficiency Rating, atau Safety Factor lagi. Karena semua sudah termuat pada Kapasitas/WLL per Rantai.

Contoh kasus menghitung WLL Chain Sling :

Customer membutuhkan Sling Rantai atau Chain Sling sebagai berikut :

1. Satu Kaki dengan Kapasitas 5 Ton, pada sudut Angkat 90 Derajat
    Satu Kaki dengan Kapasitas 5 Ton, pada Posisi Angkat Choker

2. Dua Kaki dengan Kapasitas 5 Ton, pada Sudut Angkat Vertikal 45 Derajat

3. Tiga Kaki dengan Kapasitas 10 Ton, pada Sudut Angkat Vertikal 45 Derajat

Berapa Ukuran Rantai Spec 8 yang dibutuhkan untuk Sling Rantai / Chain sling diatas ?

Jawaban :

1. Untuk Chain Sling Satu Kaki :

- Pada Chain Sling satu Kaki dengan Posisi Angkat tegak Lurus atau 90 Derajat, Maka Cukup lihat pada Table, Ukuran berapa yang bisa mengangkat beban sebesar 5 Ton. Disitu akan ditemukan ukuran ½” dengan Kapasitas angkat 5,44 Ton, jadi ukuran Rantai yang dipilih adalah ½”

- Pada Posisi Chocker, Kapasitas Sling berkurang menjadi 80%, maka untuk mencari Ukuran Rantai yang mampu mengangkat 5 Ton, harus dibagi dengan angka 80% atau 0,8.

5 Ton : 0,8 = 6,25 Ton

-  Ukuran yang diperlukan untuk mengangkat 5 Ton dengan Posisi Choker adalah yang memiliki Kapasitas per Rantai Lebih dari 6,25 Ton

Ukuran Rantai yang sesuai berdasarkan Tabel adalah 5/8” dengan Kapasitas 8,2 Ton.

2. Untuk Chain Sling 2 Kaki pada sudut angkat Vertical 45 Derajat

- Untuk mencari Ukuran yang tepat, bagi Kapasitas keseluruhan 5 Ton dengan Load Factor (lihat Tabel Load Factor untuk 2 Kaki), maka akan didapati Hitungan sebagai berikut :

Load Factor 2 Kaki Sudut Angkat 45 Derajat adalah 1,4, Jika Kapasitas 5 Ton, berarti Kapasitas dibagi Load Factor = 5 Ton : 1,4 = 3,57 Ton

Berarti Rantai yang bisa digunakan adalah yang memiliki WLL Lebih dari 3,57 Ton, dan dipilih Rantai Ukuran ½ “ dengan Kapasitas 5,44 Ton.

3. Untuk Chain Sling 3 Kaki pada sudut Angkat Vertical 45 Derajat

Karena pada Sling 3 dan 4 Kaki, hanya yang dihitung Kapasitas 3 Kaki, maka untuk Soal no 3 dan 4 dijawab jadi satu pada nomor ini

- Untuk mencari Ukuran yang tepat, bagi Kapasitas keseluruhan 10 Ton dengan Load Factor, maka akan didapati hitungan sebagai berikut :

Load Factor 3 dan 4 Kaki Sudut angkat 45 Derajat adalah 2.1, dengan Kapasitas 10 Ton berarti Kapasitas Load Factor = 10 Ton : 2.1 = 4,76 Ton

Rantai diperlukan untuk Chain Sling 3 dan 4 Kaki dengan Kapasitas 10 Ton Lebih dari 4,76 Ton, maka dipilih Rantai Ukuran ½” dengan Kapasitas 5,44 Ton.

Nah, ini dia sedikit pembahasan tentang Menghitung Kapasitas atau WLL pada Chain Sling. Untuk Pertanyaan dan Pemesanan hubungi Staf Marketing kami di Nomor (021) 6919595 atau dapat diemail ke marketing@asmarines.com. Dan Jangan lupa untuk kunjungi Website kami di www.asmarines.com untuk mendapatkan Informasi menarik dan Informatif mengenai Peralatan Kebutuhan Kapal Laut dan Produk Industri lainnya.

Chanel Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCm4zKZd2_Zk82tnxUNTe2cg?view_as=subscriber

Video lainnya :

- Perbedaan Shackle Crosby G209, G210, G2130, dan G2150

- Aksesoris Rantai Jangkar ini Sangat Penting untuk di Ketahui !!! - ASMARINE

- Perbedaan Tali PP Monofilament, PP Multifilament, dan Mixed Rope - ASMARINE

hubungi asmarines