kontak2

Halo guys.. balik lagi di artikel asmarines.com ya. Disini kalian bisa dapetin informasi menarik dan beberapa informasi penting seputar alat-alat kapal dan alat berat lainnya. Oke.. jadi kali ini kami mau membahas tentang apa aja sih jenis tali kapal yang perlu kita ketahui? karena tentunya sebagai orang yang bekerja di bidang perkapalan, kita harus mengenal segala jenis alat-alat kapal yaitu termasuk tali kapal ini.

Dengan mengetahui jenis tali kapal ini, kalian akan bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih tinggi dan tentunya kalian lebih pede untuk mempresentasikan sesuatu dengan klien kalian ataupun dengan atasan kalian.

Hal tersebut tentunya menunjukkan keprofesionalan kita dan keseriusan kita pada bidang perkapalan ini. Informasi ini akan dapat membantu anda menjadi level yang berbeda dengan sebelumnya. Jadi baca sampai habis ya artikelnya biar kalian ga dapet info setengah-setengah.

 

JENIS TALI KAPAL

Jadi seperti yang sudah kami jelaskan tadi ya.. Pada artikel ini kami akan coba untuk menjelaskan apa aja jenis tali kapal yang perlu kita ketahui bersama. Karena tali kapal ini tentunya memiliki beberapa jenis tergantung dari fungsi dan aplikasinya pada bidang perkapalan ini.

Untuk itu ada baiknya jika kalian mengetahui masing-masing jenis tali kapal tersebut dan juga fungsinya.

 

Langsung aja ya apa aja sih jenis tali kapal yang perlu kita ketahui ini? Tali kapal itu jenisnya yang paling umum ada 3 ya, yaitu diantaranya adalah :

  • Tali Nilon
  • Tali PP
  • Tali Manila

Masing-masing tali tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan tentunya ketiga tali tersebut juga memiliki kegunaannya masing-masing di bidang perkapalan ini. Untuk itu ada baiknya anda perhatikan beberapa poin dibawah ini terkait kelebihan, kekurangan dan juga kegunaan dari ketiga jenis tali kapal ini.

 

TALI NILON

Tali nilon adalah tali yang terbuat dari serat buatan yaitu serat sintetis yang dibuat dari minyak bumi sebagai bahan utamanya. Dan serat nilon ini merupakan serat terkuat yang pernah dibuat manusia pada saat itu. Jadi tali ini bener-bener kuat, jadi bisa digunakan untuk aplikasi towing dan lifting dengan kapasitas objek angkat / tarik yang berat.

 

Terus apa lagi kegunaan dari tali nilon ini jika diaplikasikan di bidang perkapalan?

 

Di bidang perkapalan, tali nilon biasa digunakan untuk aplikasi Mooring, Towing, Lifting dan juga tali untuk mengikat jangkar kapal. Keempat aplikasi ini tentunya adalah aplikasi yang berat-berat yang tidak boleh sembarangan.

Setelah membahas tentang kegunaan dari tali nilon ini, maka selanjutnya kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari tali Nilon ini.

 

KELEBIHAN TALI NILON

Oke bahasan kita selanjutnya adalah apa aja kelebihan yang dimiliki tali nilon ini. Jadi kalian bisa menimbang dan memutuskan apakah nantinya tali nilon ini bisa kalian gunakan untuk aplikasi dan sesuai dengan budget kalian atau tidak.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki tali nilon :

  • Memiliki Nilai Breaking Load yang tinggi.
  • Tahan terhadap sentakan atau gentakan.
  • Kuat dan Tahan lama.
  • Tahan terhadap sinar UV langsung, dan memiliki titik leleh ( melting point ) sebesar 216° C.
  • Memiliki ketahanan terhadap bahan-bahan kimia seperti ( minyak, formaldehyde, dan alkohol ).
  • Tidak bisa membusuk.
  • Elastis, tidak kaku.

 

Jadi ada 7 kelebihan yang dimiliki tali nilon ini ya guys.. Catet atau diinget-inget ya, biar ga lupa. Jadi nanti kalo ditanya atasan, kalian bisa presentasi dengan woles dan tetap profesional tentunya.

 

KEKURANGAN TALI NILON

Okee.. selanjutnya kita akan bahas tentang kekurangan dari tali nilon ini. Fungsinya apa?? agar kalian tidak terpengaruh hanya pada kelebihannya. Jadi dengan mengetahui kekurangannya, kalian juga bisa mempertimbangkan apakah tali ini masih cocok dengan aplikasi yang kalian butuhkan.

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki tali nilon :

  • Harga yang lebih mahal
  • Menyerap air, sehingga saat dalam keadaan basah, nilai breaking load akan berkurang 20%.
  • Tidak cocok untuk aplikasi Rigging karena elastisitasnya.
  • Tenggelam dalam air.
  • Dapat meleleh jika terkena bahan kimia keras.

 

Jadi udah tau ya guys tentang tali nilon ini. Selanjutnya kita akan bahas tentang jenis tali kapal yang kedua.

 

TALI PP

Bahasan kita selanjutnya yaitu tali PP. Tali PP adalah salah satu jenis tali kapal yang terbuat dari serat sintetis buatan manusia yang dinamakan serat polypropylene.

Serat ini dikenal sebagai serat yang memiliki nilai breaking load yang tinggi, tetapi lebih tinggi serat nilon. Karena memang serat nilon adalah salah satu serat terkuat buatan manusia. Oke balik lagi ke pembahasan, jadi tali PP ini memiliki 2 jenis atau 2 tipe yang berbeda yaitu diantaranya :

  • Tali PP Monofilament
  • Tali PP Multifilament

 

Berikut ini adalah gambar dari tali PP mono dan multi yang perlu kalian ketahui perbedaan fisiknya.

Jenis Tali Kapal Tali PP

 

Tali Monofilament memiliki ciri fisik warnanya adalah Putih dan memiliki strip biru kecil disebagian permukaannya. Sedangkan tali Multifilament putih polos tanpa strip, sehingga hampir mirip dengan tali nilon.

Untuk kegunaannya sendiri di kapal, tali PP ini sering digunakan untuk aplikasi Towing, Lashing dan juga Mooring. Jadi tidak terlalu disarankan untuk aplikasi lifting, karena tali ini agak rentan dengan sinar matahari langsung.

 

Setelah kita tau ciri-ciri fisik dan juga kegunaannya, maka selanjutnya akan kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari tali PP ini ya.

 

KELEBIHAN TALI PP

Untuk mengetahui lebih dalam tentang tali PP ini, kami akan sedikit menjelaskan tentang kelebihan yang dimiliki tali PP ini. Jadi nanti kalian bisa menimbang dan memutuskan apakah tali PP ini cocok untuk kebutuhan kalian di Kapal.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Tali PP tersebut :

  • Nilai breaking load cukup besar ( walau tak sebesar tali nilon )
  • Harga lebih terjangkau
  • Tidak menyerap air, sehingga tidak akan basah dan tidak mempengaruhi nilai breaking loadnya juga saat tali ini berada di air.
  • Tahan terhadap hentakan.

 

Jadi itu tadi ya beberapa poin yang perlu kalian ketahui tentang kelebihan dari tali PP ini. Dan agar lebih lengkap lagi informasi yang kami sampaikan ini. Berikut akan kami jelaskan juga tentang kekurangan dari tali PP ini.

 

KEKURANGAN TALI PP

Setelah kita memahami tentang kelebihan tali PP, maka selanjutnya kita juga harus tau tentang kekurangan dari tali PP ini. Agar nantinya kekurangannya ini dapat kita pertimbangkan untuk nantinya kita putuskan apakah tali PP ini layak untuk anda gunakan atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan tali PP yang perlu kita ketahui bersama :

  • Tidak tahan terlalu lama dibawah sinar matahari langsung.
  • Rentan terhadap bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Tidak lentur seperti tali nilon.
  • Rentan terhadap gesekan langsung karena permukaannya yang tidak terlalu halus.

 

Okee.. jadi udah tau ya guys tentang ciri, kegunaan, kelebihan dan juga kekurangan dari tali PP ini. selanjutnya kita akan bahas untuk jenis tali kapal yang terakhir yaitu tali Manila.

 

 

TALI MANILA

Tali manila adalah tali berwarna coklat dengan permukaan yang kasar dan terbuat dari serat alami dari serat pohon abaca. Jadi jika tali sebelumnya tersebut dari serat sintetis buatan manusia, maka tali manila ini berbeda dari tali sebelumnya karena tersebut dari serat alami pohon abaca dari negara Filiphina.

Kegunaan dari tali ini di bidang perkapalan sering digunakan untuk hiasan tali temali di kapal karena memang warna dan visual dari tali ini memiliki nilai seni. Untuk kegunaannya yang lain biasanya digunakan untuk membuat tangga kapal, jala-jala kapal dan lashing.

 

Jadi jika kita perhatikan kegunaannya, tali ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi yang ringan-ringan saja.

Lanjut pada bahasan selanjutnya yaitu Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tali manila ini apa aja guys? Tentunya kita juga perlu tau ya, agar informasi pada artikel ini semakin lengkap dan bermanfaat buat kalian semua.

Berikut ini adalah beberapa Kelebihan dan kekurangan dari tali Manila.

 

KELEBIHAN TALI MANILA

Setelah kita tau kegunaan dari tali manila ini di bidang perkapalan, selanjutnya kami akan membahas tentang kelebihan tali manila ini dan setelah itu kita akan masuk pada pembahasan tentang kekurangan tali manila ini.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki tali manila agar kalian dapat mempertimbangkannya untuk kebutuhan ringan kalian.

  • Harga lebih murah dibanding tali-tali sebelumnya yang telah kami jelaskan.
  • Tidak kaku dan lebih lentur.
  • Tahan terhadap panas matahari langsung karena tidak bisa meleleh karena panas matahari.
  • Tidak mudah pecah.
  • Visual tampilannya lebih terlihat memiliki seni dan terlihat lebih klasik dan natural.

 

Jadi ada 5 kelebihan yang dimiliki tali Manila ini ya guys. Tapi sebelum kalian memutuskan untuk memilih tali ini atau tidak. Lebih baik kalian juga melihat tentang kekurangan dari tali Manila ini juga.

 

KEKURANGAN TALI MANILA

Kelebihan yang udah kami jelaskan diatas udah cukup jelas ya guys.. SEmoga kalian dapat memahaminya dengan mudah. Lanjut pada pembahasan selanjutnya yaitu tentang kekurangan dari tali manila ini.

Kekurangan dari tali manila ini harus kalian perhitungkan agar kalian tidak salah membeli tali ini ya guys. Langsung aja ya biar artikel ini tidak terlalu panjang. Berikut ini adalah kekurangan tali manila yang perlu kalian ketahui juga :

  • Menyerap air, sehingga kekuatannya dapat berkurang saat dalam keadaan basah.
  • Tidak memiliki nilai breaking load.
  • Rentan terhadap bahan kimia.

 

Gimana nih guys? kalian udah bisa menentukan pilihan kalian belum? mau beli tali apa? belinya jangan lupa di asmarines ya. Karena kami adalah distributor resmi produk alat-alat kapal dan salah satunya adalah tali.

Jenis tali kapal yang kami jual sangat beragam dan juga dapat kami jamin keasliannya. Sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang sertifikat aslinya dan juga kualitasnya. Dan sebagai distributor resmi, tentunya harga tali kapal yang kami tawarkan adalah harga langsung dari produsen tali tersebut.

Jika kalian sedang ada kebutuhan tali kapal, langsung hubungi staff marketing kami aja ya di nomor 021 - 691 9595.

hubungi asmarines