kontak2

JENIS PENYAMBUNG HOOK

Setelah kita sama-sama mempelajari bahasan tentang jenis hook yang sudah kami paparkan pada artikel sebelumnya>>. Maka bahasan kami kali ini pada artikel ini adalah jenis penyambung hook itu sendiri. Karena jenis hook bukan hanya dari bentuk dan modelnya saja. Tetapi jenis hook juga dapat dibedakan dari jenis penyambung hook tersebut.

Kenapa ya jenis penyambung hook ini bisa diciptakan atau dibuat manusia berbeda jenisnya. Tentunya para produsen hook tersebut memiliki maksud dan tujuan yang baik ya. Jadi pada artikel kami kali ini, kami akan mengupas tuntas nih apa aja sih jenis penyambung hook tersebut dan fungsinya apa sih kok bisa beda jenis gitu.

Jadi adalah 2 jenis penyambung hook yang saat ini diproduksi diseluruh dunia. Dan 2 jenis penyambung ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Jadi para produsen hook atau alat rigging memang khusus menciptakan dua jenis penyambung hook ini untuk kebutuhan manusia yang berbeda dan tentunya untuk menghemat budget dan meringkaskan pekerjaan usernya.

Kedua jenis penyambung hook tersebut diantaranya adalah :

  1. Clevis Hook
  2. Eye Hook

Penyambung yang kami maksud disini adalah penyambung bagian atasnya, bukan bagian pengaitnya. Jadi jangan salah dalam memahami maksud kami ya temen-temen. Jadi langsung aja pada pembahasannya.

Jenis penyambung hook yang pertama adalah jenis penyambung yang dinamakan dengan clevis atau clevis hook. Clevis hook ini memiliki bentuk yang didesain agar dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Maksudnya adalah menggunakan semacam as atau slot untuk mengunci penyambungnya.

Clevis hook ini didesain khusus untuk penggunaan pada aplikasi yang berhubungan dengan chain sling atau sling rantai. Karena sling rantai atau rantai ini memiliki mata yang berbentuk lonjong tanpa adanya celah untuk dapat disambungkan dengan eye hook yang juga sama-sama memiliki mata kait berbentuk bundar tanpa adanya celah. Maka clevis hook diciptakan untuk masalah tersebut, yaitu dengan membuat semacam pin pengunci atas as yang telah kami sebutkan diatas. Jadi rantai dapat dimasukkan pada lekukan atau lubang clevis hook dan kemudian dikunci dengan pin, tanpa perlu menggunakan bantuan alat rigging lainnya seperti connecting link atau bisa juga disebut dengan hammerlock.

Dan untuk jenis penyambung hook yang kedua sudah kami sebutkan diatas ya, yaitu eye hook. Eye hook berbentuk bundar sempurna dan memiliki celah, sehingga pemasangannya sendiri nantinya bersifat permanen, kecuali memang si pengguna ingin melepaskannya secara paksa dengan merusak wire rope slingnya. Kecuali untuk wire rope sling yang menggunakan wire clip, karena wire clip bisa dicopot dan dipasang ulang. Eye hook ini dapat digunakan untuk wire rope sling maupun chain sling. Tetapi untuk chain sling sendiri harus menggunakan tambahan connecting link sebagai penyambungnya ( antara rantai dan mata wire rope sling ).

Tetapi keunggulannya jika digunakan dengan chain sling, sifatnya jadi tidak permanen karena connecting link dapat dibuka dan dipasang ulang. Berbeda dengan penggunaan bersamaan dengan wire rope sling yang telah kami sebutkan diatas yaitu lebih bersifat permanen.

Dan untuk pemasangannya pada wire rope sling juga tidak bisa asal. Sebelum wire rope dibuat menjadi wire rope sling, ujung wire rope harus dimasukkan terlebih dahulu mata penyambung eye hook tersebut. Kemudian wire rope ditekuk dan dibentuk mata kait dan dikunci dengan ferrule ataupun wire clip. Jadi anda tidak bisa membuat wire rope sling terlebih dahulu kemudian anda ingin menyambungkannya dengan eye hook ini.

Untuk itu anda memang sudah harus mempersiapkan, untuk apa wire rope sling anda akan gunakan. Dan alat rigging apa yang akan anda sambungkan pada wire rope sling tersebut. Semua persiapan itu harus sudah anda persiapkan dengan matang, agar anda tidak kerja dua kali dan membuang uang anda sia-sia.

Jika anda membutuhkan hook tipe apapun dan ataupun anda membutuhkan wire rope dengan ukuran mulai dari kecil hingga besar. Silahkan hubungi marketing staff kami untuk informasi harga terupdate dan juga pemesanan langsung. Percayakan kebutuhan lifting, towing dan lashing anda pada kami. Karena kami adalah distributor resmi yang menjual produk asli langsung dari produsennya tanpa melalui perantara lagi.

hubungi asmarines