kontak2

Halo temen-temen asmarines yang selalu setia.. Semoga kalian sehat selalu ya.. Amiinn.. Oke jadi artikel kami kali ini akan menjelaskan tentang beberapa jenis alat keselamatan kapal dan fungsinya juga sekalian. Biar kalian semua nantinya bisa tau apa aja sih jenis alat keselamatan kapal itu. Dan tentunya juga masing-masing fungsinya harus kalian pahami ya, biar ga salah gitu nantinya. hehehe..

 

JENIS ALAT KESELAMATAN KAPAL DAN FUNGSINYA

Oke jadi ada apa aja sih jenis alat keselamatan kapal dan fungsinya ini? Berikut adalah beberapa jenis alat keselamatan kapal yang perlu kalian ketahui :

  1. Jaket Pelampung ( Life Jacket )
  2. Sekoci ( Kapal Penyelamat )
  3. Rakit Angin ( Liferaft )
  4. Pelampung Cincin ( Ring Buoys )
  5. Tali Penolong ( Line Throwing ) 
  6. Pelampung Baju ( Survival Suit )
  7. Baju Pelindung Dingin ( Thermal Protective Aid )
  8. Sinyal Tembak ( Signal Gun ) 
  9. Isyarat Lampu Asap (Pyrotechnis)

 

Nah jadi ada 9 jenis alat keselamatan kapal yang perlu kalian ketahui ya guys. Inget-inget dah tuh sebelum kami jelasin masing-masing fungsinya dibawah ini. Dan kalo bisa kalian tentuin dulu mana yang menurut kalian sedang kalian butuhkan lebih. Atau yang saat ini memang bener-bener pengen kalian cari infonya.

 

Karena emang artikel kami ini bakalan lain daripada yang lain. Biasanya kami memberikan artikel yang lengkap dan juga tentunya terpercaya. Kenapa terpercaya? karena kami memang perusahaan yang bergerak di bidang distributor alat-alat kapal dari tahun 80an. Sehingga otomatis pengetahuan kami akan produk-produk alat kapal juga udah banyak banget. Kalo katanya orang jawa mah udah nglontok. Hehehe

 

Maklum guys.. gw orang jawa yang ngomongnya sok jakarta.. Wakakaka,, Oke oke langsung kita bahas masing-masing poin tentang fungsinya dibawah ini :

 

1. JAKET PELAMPUNG ( LIFE JACKET )

Jaket pelampung adalah jaket yang digunakan untuk emergency saat kapal tenggelam atau terkena insiden lain yang menyebabkan penumpang harus terjun ke dalam air. Jaket ini didesain untuk penggunaan secara cepat sehingga anda dapat menggunakannya secepat mungkin tanpa harus menunggu sekoci ataupun bantuan lain.

 

Tetapi tetap disarankan kalian menggunakan kapal kecil ataupun rakit ya. Karena didalam lautan tentunya beresiko ikan buas dan juga dinginnya lautan. Jadi jaket ini bisa kalian gunakan saat sudah disekoci ataupun langsung nyebur.

 

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menarik katup dibagian pundaknya dengan kencang. Nantinya angin akan otomatis terisi sehingga jaket menjadi terkembang oleh angin. Angin didalam jaket ini nantinya yang akan membantu kalian terapung di dalam air.

 

Atau jika katupnya rusak dan tidak dapat mengisi angin secara otomatis. Kalian tetap dapat meniupnya hingga angin terisi penuh dalam jaket pelampung kalian. Rada engap sih, tapi yang penting selamet. Heheh

 

Oia satu lahi, saat disekoci pun kami sarankan kalian langsung menarik katupnya. Karena kita tidak tau ombak dan bahaya ditengah laut yang menyebabkan sekoci ataupun rakit dapat terbalik tiba-tiba.

 

Untuk pemesanan jaket pelampung ini, kalian bisa langsung menghubungi nomor yang tertera di website kami ini ya guys.. Di Pojok kanan atas bro. Ada banyak merk dan tipe, jadi tenang aja bro.. hehehe

 

 

2. SEKOCI

Jenis alat keselamatan kapal selanjutnya yaitu sekoci ya guys. Untuk sekoci ini sendiri adalah kapal berukuran kecil yang biasa diletakkan dipinggiran kapal besar. Sekoci ini nantinya dapat diturunkan dari atas kapal menggunakan tackle atau block ataupun katrol. Apapun namanya itu intinya sama aja. hehe.

 

Sekoci memiliki kapasitas angkut penumpang yang tentunya tergantung dari ukurannya. Ukuran sekoci juga biasanya disesuaikan dengan ukuran kapalnya. Karena muatan kapal besar tentunya lebih banyak jika dibandingkan dengan kapal kecil. Untuk itu ukuran sekoci kapal besar tentunya harus dapat menampung jumlah penumpang lebih banyak. Biasanya puluhan orang untuk kapal yang berukuran besar.

 

Untuk sekoci ini biasanya harus disediakan oleh produsen kapal saat pembuatan kapal itu sendiri. Untuk itu kami tidak menjual sekoci di perusahaan kami, karena kami belum bisa bikin kapal sendiri. Hehehe

 

 

3. RAKIT ANGIN ( LIFERAFT )

Jenis alat keselamatan kapal yang ketiga yaitu rakit angin atau biasa disebut liferaft. Liferaft ini fungsinya adalah sebagai pengganti sekoci. Jadi saat sekoci kapal penuh dengan penumpang dan anda tidak kebagian masuk sekoci. Maka kalian masih dapat menggunakan rakit angin atau liferaft ini.

 

Cara penggunaannya sendiri juga sama dengan jaket pelampung. Yaitu diisi angin terlebih dahulu hingga angin terisi penuh pada seluruh bagian rakit tersebut agar rakit dapat mengapung di air. Tapi bedanya dengan jaket pelampung, rakit angin memiliki pompa angin otomatis yang lebih besar dan pompa manual. Jadi kalian ga perlu niup manual kalopun otomatisnya rusak.

 

Karena kalo niup manual gw rasa kalian bisa kena gondok. heheh

 

Untuk rakit ingin atau liferaft ini juga kami jual di perusahaan kami dengan kapasitas 6 - 25 orang. Jadi untuk ukuran rakit angin yang kami jual ini cukup bervariasi, sehingga bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya. Dan untuk pertanyaan lebih lanjut, kalian bisa langsung telpon di nomor yang tertera di website ini. Di pojok kanan atas bro.. Hehe

 

 

4 & 5. PELAMPUNG CINCIN ( RING BUOYS ) & TALI PENOLONG ( LINE THROWING )

Untuk poin keempat dan kelima ini kami gabung ya guys. Karena penggunaannya sendiri biasanya barengan. Jadi bagi kalian yang suka berenang tentunya sangat familiar dengan ban pelampung. Biasanya kan ban pelampung ini dipake buat pegangan orang biar ga tenggelam. ( Buat orang yang ga bisa renang ya ).

 

Nah untuk pelampung cincin ini fungsinya hampir sama dengan ban pelampung di kolam renang yaitu buat pegangan. Tapi bedanya pelampung cincin ini digunakan untuk menolong orang yang tenggelam atau terapung di lautan dan butuh pertolongan. Pelampung cincin ini biasanya disediakan disetiap sisi kapal sehingga mudah dijangkau saat awak kapal melihat orang yang butuh pertolongan.

 

Cara penggunaannya dengan diikat pada line throwing atau tali penolong. Kemudian pelampung dilemparkan pada korban yang ingin diselamatkan. Dan saat korban sudah berpegangan pada pelampung tersebut, si pelempar tinggal menarik kembali pelampung dengan tali yang sudah terkait pada pelampung tersebut.

 

Untuk pelampung cincin atau ring buoy ini juga kami jual di perusahaan kami. Jadi bagi anda yang sedang mencari alat keselamatan jenis ini ( ring buoy ataupun line throwing ). Silahkan telpon marketing staff kami di nomor yang tertera pada website ini. Di pojok kanan atas bro.

 

 

6. PELAMPUNG BAJU ( SURVIVAL SUIT )

Jenis alat keselamatan kapal dan fungsinya yang keenam yaitu pelampung baju atau survival suit. Pelampung baju atau survival suit ini adalah inovasi atau perkembangan dari jaket pelampung. Jadi fungsi dari pelampung baju ini sendiri sama dengan jaket pelampung.

 

Jadi nantinya jika kalian menekan katupnya, baju ini akan terisi dengan angin dan tentunya menutupi seluruh badan kalian. Karena menutupi seluruh badan, maka baju ini akan melindungi kalian dari dinginnya air laut. Nah makanya disini kami tadi bilang inovasi dan perkembangan.

 

Karena emang jaket pelampung tadi fungsinya hanya membuat orang terapung. Tetapi untuk baju pelampung ini fungsinya jadi lebih yaitu sebagai pelindung diri dari dinginnya air laut.

 

Dan untuk baju pelampung ini belum ada di perusahaan kami ya. Doain aja kedepannya kami jual ya. Karena kami belum dapet distributor yang cocok buat baju pelampung ini.

 

 

7. BAJU PELINDUNG DINGIN ( THERMAL PROTECTIVE AID )

Jenis alat keselamatan yang ketujuh yaitu baju pelindung dingin atau bisa juga disebut dengan thermal protective aid. Untuk baju pelindung dingin ini fungsinya hampir sama dengan baju pelampung. Bedanya baju pelindung dingin ini tidak mengapung di air.

 

Jadi penggunaannya sendiri digunakan saat ada korban kedinginan selepas dari terapung lama dilautan ataupun hal-hal lain yang membuat dia menggigil kedinginan. Nah dengan menggunakan baju pelindung dingin ini, tubuh orang tersebut akan lebih hangat sehingga suhu tubuhnya bisa kembali normal.

 

Dan untuk baju pelindung 

 

 

8. SINYAL TEMBAK ( SIGNAL GUN )

Jenis alat keselamatan kapal dan fungsinya yang selanjutnya yaitu sinyal tembak atau signal gun. Signal gun ini cara kerjanya yaitu dengan mengeluarkan asap berwarna merah yang dapat dilihat pada siang ataupun malam hari. Dan jarak jangkauan dari sinyal tembak ini juga cukup jauh.

 

Jadi saat pelatuk tembaknya di tekan, maka peluru cahaya merahnya akan terlontar ke atas dengan ketinggian yang sangat tinggi. Mungkin bisa 400 - 600 meter keatas langit. Nah karena tingginya api tembak yang dilontarkan tembak ini, maka kapal dari kejauhan akan dapat melihat sinyal yang anda berikan dari tembak ini.

 

Dan kalian bisa menggunakan sinyal tembak ini saat berada di tengah laut ataupun saat terdampar di pulau. Dtengah laut saat berada di atas sekoci ataupun liferaft. Dan di pulau saat anda terdampar di pulau terpencil yang tak berpenghuni. Selain dapat digunakan untuk orang yang terkena bencana tadi, sinyal tembak juga bisa digunakan saat kapal anda mengalami gangguan di tengah laut sehingga membutuhkan bantuan dari kapal lainnya lho. Multifungsi kan.

 

Untuk sinyal tembak ini juga kami tidak jual ya temen-temen. Mohon maaf banget.

 

 

9. ISYARAT LAMPU ASAP

hubungi asmarines