kontak2

FUNGSI RANTAI

Halo temen-temen semua.. gimana nih kabar kalian semua?? semoga kabar kalian semua selalu baik ya.. oke guys, kali ini kami akan coba untuk membahas tentang fungsi rantai. Karena rantai ini banyak banget jenis-jenis dan macemnya. Jadi kalo kalian sampai salah menggunakan jenis rantai untuk aplikasi tertentu, apalagi aplikasi berat. Tentunya hal tersebut akan sangat merugikan buat kalian semua.

 

Nah untuk itulah cikal bakal muasal artikel ini kami buat.. Hehehe.. jadi artikel ini kami buat untuk lebih bisa mengarahkan user menggunakan rantai yang sesuai dengan kemampuan dari rantai itu sendiri.

Pembagian dari fungsi rantai pada artikel ini sendiri akan kami bagi sesuai dengan jenis rantai itu sendiri. Maksudnya adalah agar kalian dapat lebih nyaman dan mudah untuk membaca artikel ini guys.

 

Terus apa aja sih jenis rantai yang ada di pasaran saat ini?? Berikut adalah beberapa jenis rantai yang perlu kalian ketahui guys.

  1. Rantai Baja
  2. Rantai Besi
  3. Rantai Stainless

 

Sebenarnya adalagi jenis rantai yang menurut gw fungsinya lebih mudah dipahami seperti rantai jangkar, rantai gelang, rantai motor.. Dilihat dari namanya aja udah keliatan fungsinya buat apaan. Nah makanya kami bedakan jenis rantai ini dengan 3 jenis yang lebih luar seperti yang udah kami sebutin diatas.

Jadi bagi kalian yang memang suka atau sering menggunakan salah satu dari 3 jenis rantai diatas, tentunya artikel ini akan sangat membantu menambah pengetahuan kalian akan ketiga rantai ini.

Siapa tau selama ini kalian salah membeli rantai. Atau siapa tau kalian udah benar beli rantainya, tapi kalian ga tau fungsi aslinya dari rantai tersebut yang lebih lengkapnya.

Nah mulai menarik dong pembahasan ini, ayok kalo gitu mari kita sama-sama bahas masing-masing fungsi rantai dari ketiga jenis rantai tersebut.

 

RANTAI BAJA

Oke kita masuk pada pembahasan pertama yaitu jenis rantai yang disebut dengan rantai baja. Seperti namanya ya guys, rantai ini dibuat dari baja yang artinya sangat keras dan kuat kaya punyaku. Hoho

Nah rantai ini memiliki ciri berwarna hitam pekat. Tapi jangan jadikan warna sebagai patokan ya guys. Terkadang produsen rantai juga memberikan warna hitam pada rantai mereka agar terlihat lebih kuat dan kokoh. Tapi sebenarnya itu bukan rantai baja. Contohnya produk rantai baja kami dari thiele, rantainya bukan item warnanya tuh, tapi biru.

 

Fungsi Rantai Baja

 

Jadi kami ga akan lebih jauh bahas tentang warna, karena bukan itu bahasan utama kita. Untuk fungsi rantai baja ini sendiri dapat kalian gunakan untuk beberapa aplikasi berikut ini :

  • Lifting
  • Towing

 

Karena terbuat dari baja yang memiliki karakteristik kuat dan keras kaya punyaku. Tentunya rantai ini sangat cocok untuk aplikasi berat seperti dua aplikasi yang udah kami sebutin diatas. Jadi saran dari kami, jangan gunakan rantai baja ini untuk aplikasi menengah kebawah, karena sifat dan karakteristiknya tidak fungsional dengan aplikasi yang kalian gunakan tersebut.

 

 

RANTAI BESI

Lanjut masuk pada jenis rantai kedua yaitu rantai besi. Kira-kira apa ya fungsi rantai besi yang umum dan dapat diaplikasikan untuk rantai jenis ini?

Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan itu kita bahas dulu jenis dari rantai besi ini dulu ya guys. Jadi rantai besi itu ada yang difinishing dengan finishing galvanis dan ada juga rantai yang tanpa finishing. Dan kedua rantai ini juga memiliki karakter dan kekuatan yang berbeda guys. Karena finishing yang digunakan tentunya berpengaruh pada aplikasi yang akan dihadapi nantinya.

 

Kita bahas dulu yang rantai besi tanpa finishing dulu dah biar dapet klimaksnya. Nah rantai besi tanpa finishing ini termasuk dalam kategori rantai yang tidak memiliki nilai breaking load dan tidak tahan terhadap udara luar. Kenapa tidak tahan udara luar?? jawabannya adalah karena tidak difinishing apa-apa, jadi rantai ini rawan berkarat.

Untuk fungsinya sendiri rantai ini bisa kalian gunakan untuk aplikasi lashing digudang. Selain dari aplikasi lashing tentunya tidak kami sarankan ya guys, karena memang rantai ini banyak sekali kekurangannya. Dan gw ingetin lagi nih,, jangan gunakan aplikasi yang sering berada di luar, karena rantai ini rawan karat. Boleh kalian bawa keluar tapi jangan terlalu lama terpapar sinar matahari apalagi sampai terkena air.

 

Dan untuk jenis rantai besi yang kedua yaitu rantai dengan finishing galvanis. Nah rantai ini yang banyak nih kegunaannya, karena galvanis sendiri adalah finishing yang bisa menahan karat dengan baik. Biasanya kalian bisa temukan rantai finishing galvanis dengan warna silver keputih-putihan.

 

Fungsi Rantai Besi Galvanis

 

Sedangkan untuk fungsi rantai galvanis ini sendiri dapat kalian gunakan untuk :

  • Lashing
  • Towing

 

Lashing sendiri dapat kalian gunakan di outdoor ya guys, seperti contohnya lashing kayu pada aplikasi logging, lashing cargo juga bisa. Sedangkan untuk towing sendiri bisa kalian gunakan untuk menarik kendaraan kecil seperti motor, penarik lembu, pengikat anjing, dll.

Note : jangan gunakan untuk aplikasi towing ( tarik ) beban yang terlalu berat.

 

 

RANTAI STAINLESS STEEL

Oke kit amasuk pada jenis rantai yang terakhir ya guys yaitu rantai stainless steel. Rantai ini memiliki ciri-ciri berwarna stainless yaitu berkilau tapi bukan emas. Hehe.. langsung aja liat gambarnya dibawah ini :

 

Fungsi Rantai Stainless Steel

 

Bisa kalian lihat ya guys, warnanya itu berkilau gitu,, kayanya wajahku yang selalu kurawat setiap hari.. Huahahahaha

Udah-udah.. jangan kebanyakan ngayal.. nnti bisa bikin stress.

 

Langsung kita masuk pada fungsi rantai stainless ini ya guys.. Rantai ini sebenarnya adalah rantai besi biasa, tetapi di finishing stainless steel agar dapat menahan karat dari air laut, udara, panas, hujan, dll.

Tapi rantai besi tetaplah rantai besi. Rantai ini dibuat dengan ukuran yang tidak besar sehingga memang dikhususkan untuk aplikasi ringan saja seperti :

  • Dekorasi
  • Lashing
  • Pemberat jala

 

Nahh gimana nih guys?? sekarang kalian udah tau kan fungsi dari masing-masing rantai yang udah kami jelasin diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Dan jangan lupa nih guys.. kalo kalian sedang ada kebutuhan beberapa atau satu jenis rantai yang udah kami sebutin diatas. Kalian bisa lihat langsung katalog rantai kami dibawah ini ya guys :

 

>> Katalog Rantai <<

 

Jangan ragu untuk konsultasi dan bertanya langsung dengan marketing staff kami dengan menghubungi nomor telpon 021 - 691 9595.

hubungi asmarines