kontak2

FUNGSI MASTERLINK

Halo temen-temen semua.. gimana nih kabar kalian semua?? semoga baik-baik aja ya. Oia temen-temen, kali ini asmarine mau bahas tentang fungsi masterlink yang perlu kalian ketahui. Karena emang masterlink ini fungsinya sangat penting untuk kebutuhan Lifting. Khususnya untuk heavy lift nih guys.

 

Karena Heavy Lift itu tentunya aplikasi mengangkat beban yang sangat berat ya.. Jadi perlu adanya masterlink sebagai pendukung proses pengangkatan beban tersebut nantinya.

 

Ya secara umum sih fungsi masterlink itu sebagai alat penyambung untuk kebutuhan lifting. Tapi penjelasannya bukan cuma itu guys. Karena jika dibilang sebagai alat penyambung, ternyata bukan masterlink doang yang bisa. Hammerlock, shackle pun juga merupakan alat penyambung.

 

Jadi emang butuh penjelasan lebih detail untuk membahas fungsi masterlink yang lebih spesifik disini guys.

 

 

FUNGSI DAN KEGUNAAN MASTERLINK

Oke jadi langsung aja ya kita bahas fungsi masterlink yang lebih spesifik lagi. Tapi sebelum kita bahas fungsi masterlinknya, kita bahas dulu apa yang bisa disambungkan dengan masterlink ini. Karena nantinya fungsi dari masterlink akan dapat kami jabarkan setelah penjelasan tentang objek yang disambungkan dengan masterlink ini.

 

Oke jadi apa aja yang bisa disambungkan dengan masterlink ini guys. Berikut adalah daftarnya :

  • Hammerlock ( Connecting Link )
  • Shackle

 

Dimana posisi masterlink ini nantinya akan dipasangkan setelah disambungkan dengan salah satu dari kedua alat Rigging tersebut? Jawabannya adalah paling atas. Jadi urutan yang benar dalam membuat sling ini yaitu : Masterlink ---> Shackle / Hammerlock ---> Sling ( Wire rope, Tali, Rantai, Webbing Sling ).

 

Stelah kita tau urutannya, maka kami akan jabarkan fungsi dari masterlink ini secara spesifik ya. Jadi fungsi dari masterlink adalah sebagai alat penyambung antara mesin pengangkat ( crane ) dengan sling melalui shackle atau hammerlock tadi.

 

Jadi crane akan dapat mengangkat beban tentunya dengan sling baik itu wire rope sling, sling tali, sling rantai ataupun webbing sling. Dan crane tidak bisa disambungkan langsung dengan sling tanpa adanya masterlink ini. Intinya, masterlink adalah perantara untuk menyambungkan pengait / hook crane dengan sling tadi agar dapat mengangkat objek angkat atau beban angkat nantinya.

 

Dan kebanyakan, penggunaan masterlink ini digunakan untuk sling yang lebih dari satu kaki. Walaupun ada juga yang memasangkan masterlink pada sling satu kaki saja. Karena terkadang ada orang yang langsung menyambungkan sling dengan hook crane dengan melebarkan lingkar mata slingnya.

 

Tetapi ada juga yang menyambungkannya dulu dengan masterlink agar sling tersebut dapat digunakan pada berbagai aplikasi. Karena ditakutkan jika sling satu kaki ini tidak menggunakan masterlink, maka sling tersebut hanya dapat digunakan pada satu aplikasi saja.

 

Kenapa? karena modifikasi mata sling tadi yang sudah disesuaikan dengan hook crane di awal penggunaannya. Ditakutkan kalo ganti hook crane yang lebih besar, maka mata sling tadi tidak akan bisa masuk lagi. Beda halnya jika menggunakan masterlink. Ukuran diameter masterlink di desain dan dibuat agak lebar dan sesuai standard ukuran hook crane yang sesuai dengan nilai breaking loadnya.

 

Jadi akan dapat dikaitkan pada jenis hook crane apapun, asal yang sesuai dengan kapasitas angkatnya ya guys.

 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat contoh ilustrasi sambungan masterlink dengan hook crane dibagian atas dan sling dibagian bawahnya. Dan masterlink tersebut bisa kalian lihat pada bagian yang dilingkari warna merah ya.

 

Fungsi Masterlink

 

Bisa kalian lihat ya urutan pemasangannya dan juga fungsinya saat digunakan untuk mengangkat tadi. Jadi itu tadi penjelasan tentang fungsi masterlink yang lebih spesifik ya guys. Semoga penjelasan dari kmi ini dapat kalian pahami dengan baik, karena jujur dalam menjelaskan masalah ini memang agak susah jika tanpa adanya praktek langsung.

 

Untuk itu kami berharap agar kalian dapat membacanya secara perlahan dengan melihat contoh-contoh pemasangan masterlink pada sling tadi.

 

Oke yaw dah sampai disini aja ya guys.. semoga artikel ini bermanfaat buat kalian, dan jangan lupa untuk selalu bekerja sesuai dengan aturan dan petunjuk keamanan.

hubungi asmarines