kontak2

Halo temen-temen setia asmarines.. semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya ditengah pandemi korona ini. Dan jangan bersedih karena tahun ini kita tidak bisa lebaran dan pulang kampung seperti biasanya. Diambil positifnya aja ya guys, jangan diambil negatifnya. Oke jadi kali ini gw mau bahas tentang fungsi chain block dan cara kerjanya, biar kalian mengetahui cara penggunannya yang bener juga.

 

Takutnya dipake yang tidak sesuai dengan fungsinya, jadi hasilnya malah ga maksimal. Dan lebih parahnya lagi bisa terjadi kecelakaan kerja. Tentunya kita semua ga mau ya hal-hal seperti itu terjadi.

 

Maka dari itu kita harus belajar dan mengetahui fungsi chain block dan cara kerjanya dengan benar. Jadi nanti kalian juga ga canggung saat pertama kali menggunakannya. Malah kaya orang ga profesional kalo awal-awal canggung pake chain blocknya.

 

Oke pertama-tama kita akan bahas mengenai fungsi chain block dulu ya, setelah itu baru cara kerjanya.

 

 

FUNGSI CHAIN BLOCK

Jadi jika kita melihat dari fungsinya, chain block ini memiliki fungsi utama yaitu untuk mengangkat dan menurunkan barang sebagai ganti tenaga manusia. Dengan chain block, kalian tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk mengangkat dan menurunkan barang.

 

Dengan chain block, posisi mengangkat dan menurunkan barang dapat kalian atur karena panjang rantainya yang tidak terlalu tinggi. Jadi proses tersebut akan lebih hati-hati dan sesuai dengan keinginan kalian.

 

Chain block ini sangat cocok untuk merapikan barang dan juga memindahkan barang-barang yang rentan atau pecah belah. Hal ini dikarenakan proses penurunan barang dan pengangkatan pada chain block tidak bisa cepat. Lambat tapi pasti, sehingga bisa kalian kontrol dengan mudah.

 

Tapi kekurangannya yaitu chain block tidak bisa digunakan terburu-buru karena gerakan angkat dan turunnya yang lambat. Jadi bagi kalian yang bekerja di tempat yang seharusnya bekerja dengan cepat, maka kami sarankan kalian menggunakan opsi lain untuk mengangkat dan menurunkan barang kalian.

 

Misalnya dengan hand pallet atau electric hoist. Tapi tenang aja, bukan brarti chain block tidak bisa kalian andalkan ya. Pasti kalian membutuhkan sesuatu yang dapat membantu kalian dapat mengangkat dan menurunkan barang kok.

 

 

CARA KERJA CHAIN BLOCK

Kalo tadi kita sudah membahas tentang fungsi dari chain block ini sendiri, maka selanjutnya kita akan membahas tentang cara kerja chain block ya. Untuk cara kerjanya sendiri, chain block memanfaatkan putaran kecil dan mengubahnya menjadi kekuatan yang besar.

 

Chain bLock bekerja menggunakan roda gerigi atau bisa disebut dengan gear. Gear ini sendiri terdiri dari 2 ukuran yaitu ukuran kecil dan ukuran besar. Gear dengan ukuran kecil berfungsi sebagai pemutar poros utama agar tenaga yang dikeluarkan si pengguna tidak besar.

 

Tetapi gear kecil ini terhubung dengan gear besar yang berfungsi untuk mengangkat bebannya. Jadi tugas di pengguna adalah memutar gear kecil yang lebih ringan, dan tugas gear kecil tersebut yaitu memutar gear yang lebih besar agar menghasilkan tenaga atau kekuatan angkat yang lebih besar pula.

 

Tapi karena ukuran gear ini memiliki ukuran yang berbeda, maka pergerakan gear yang lebih besar tentunya akan lebih lambat. Jadi itulah alasannya mengapa pergerakan chain block saat mengangkat dan menurunkan barang itu pelan.

 

Nah sekarang kalian udah ngerti dan paham dong tentunya tentang fungsi chain block dan cara kerjanya. Semoga dengan adanya artikel ini kalian dapat memahami lebih dalam tentang chain block. Yang artinya pengetahuan kalian akan produk ini tentunya semakin berkembang dan bertambah ya.

 

Semoga kedepannya pengetahuan yang kalian dapatkan ini dapat dibagikan kepada orang banyak sehingga kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah. Yaw dah kalo gitu cukup disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Salam..!!

hubungi asmarines