kontak2

Halo temen-temen semua.. balik lagi ya di blog kami blog asmarines.com yang sangat informatif dan spektakuler.. Hmmm.. Oke jadi kali ini kami ingin menjelaskan fungsi buoys fender atau boat fender yang biasa terlihat di pinggiran kapal atau sisi-sisi kapal. Tak kenal maka tak sayang dong tentunya.

 

Bagi kalian yang bekerja di bidang perkapalan tentunya harus tau fungsi dan kegunaan dari semua jenis alat-alat kapal. Salah satunya ini yaitu buoys fender atau yang bisa juga disebut dengan boat fender. Dan pertama-tama yang akan kami jelaskan disini yaitu pengertian dan fungsi dari buoys fender ini ya guys.

 

Setelah itu nanti kita akan masuk pada pembahasan yang lebih dalam lagi.. jadi pantengin terus nih artikel..

 

FUNGSI BUOYS FENDER ATAU BOAT FENDER

Jadi buoys fender atau boat fender adalah salah satu jenis alat pelindung badan kapal yang berfungsi sebagai bantalan kapal. Buoys fender ini difungsikan untuk menghindari benturan langsung antara lambung kapal dengan benda disekitar kapal, pelabuhan ataupun kapal lain.

 

Posisi yang paling riskan untuk kapal hingga sering terjadi benturan yaitu saat berada di pelabuhan atau saat bersandar. Ombak atau gelombang laut yang terus menerus bergerak akan membuat kapal bergerak tak berarah sehingga akan berbahaya jika kapal tersebut sampai membentur kapal ataupun beton di sekitar pelabuhan.

 

Nah hal ini diantisipasi dengan diikatnya buoys fender atau boat fender ini diseluruh pinggiran kapal. Dengan adanya buoys fender yang merupakan bantalan kapal ini, nantinya kapal akan terpental dari benda yang ditabraknya tanpa melukai badan dan juga lambung kapal.

 

Kita semua tau ya, badan kapal tentunya daerah yang berbahaya jika menhantam beton ataupun kapal lain. Terlebih lagi lambung kapal yang merupakan jantung dari kapal itu sendiri. Jika lambung kapal bocor tentunya kapal tidak akan bisa mengapung dilautan alias karam.

 

fungsi buoys fender atau boat fender

 

Nah jadi sangat perlu kalian memasangkan buoys fender ini dengan benar dan merata diseluruh pinggiran badan kapal kalian. Tak lain ya agar kapal kalian aman dari segala benturan yang tidak kalian inginkan.

 

Kalo kita lihat kapal-kapal nelayan kecil biasanya pake ban mobil untuk pengganti fender ini. Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh jika ban mobil itu terkenal benturan beton. Tapi karena kapal nelayan itu kapal kecil dan tidak berlabuh di pelabuhan jadi mereka masih merasa aman hanya dengan menggunakan ban mobil tersebut.

 

gpp lah ya.. selama mereka merasa aman ya silahkan saja.. Cuma kudu sering-sering perbaiki badan kapalnya aja.. karena pasti nanti akan ada benturan yang dapat membuat badan kapal retak ataupun somplak.

 

CARA MENGGUNAKAN BUOYS FENDER

Nah itu tadi pengertian dan fungsi buoys fender atau boat fender ini ya guys. Selanjutnya yang akan kami jelaskan disini yaitu cara menggunakan buoys fender ini ya.. 

 

Kita tau buoys fender ini memiliki 2 tips yaitu :

  1. Tipe A
  2. Tipe F

 

Kedua tipe ini juga memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda ya guys. Dan perlu kalian ketahui ya ukuran dari panjang dan berat kapal akan menentukan bentuk atau tipe dan ukuran dari buoys fender itu sendiri lho. Jadi jangan sampai salah dalam menentukan kebutuhan buoys fender kalian ya guys.

 

Dan bahan material beserta cat pelapis dari buoys fender itu sendiri akan mempengaruhi daya tahannya saat terkena panas dan hujan setiap hari. Jadi pastikan kalian membeli buoys fender yang berkualitas dan terjamin.

 

Sekalin promosi ya.. Kami menjual buoys fender berkualitas dan asli tentunya dengan merk polyform buoys. Merk ini kami datangkan langsung dari Norwegia yang tentunya sudah terkenal di seluruh dunia. Jadi kalian ga perlu khawatir dengan kualitas dari produk ini.

 

Kalo kalian ada kebutuhan akan buoys fender ini langsung aja ya hubungi kami baik via telp, chat ataupun email. Salam..!!

hubungi asmarines