kontak2

Halo temen-temen semua.. gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya.. Jadi pada artikel kami kali ini, kami akan coba membahas sedikit tentang crosby shackle. Crosby shackle itu apa sih, terus apa aja kegunaannya dan jenisnya apa aja.. Disini semuanya akan kami coba bahas untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih dalam tentang crosby shackle ini..

 

Jadi Crosby shackle ini pengertiannya akan kami bagi dua ya. Apa itu Crosby dan apa itu shackle.. jadi nanti kalian bisa gabungin sendiri pengertiannya. Jadi Crosby adalah salah satu merk produk-produk alat rigging ternama dari Amerika. Dan semua produk-produk buatannya sudah sangat terkenal dan diakui seluruh dunia.

 

Jadi soal kualitas udah ga diragukan lagi lah untuk produk Crosby ini.

 

Dan Shackle sendiri adalah sebuah alat yang merupakan salah satu dari jenis alat rigging yang berfungsi sebagai alat penyambung antara sling dengan alat rigging lainnya seperti hook, clamp, hammerlock, masterlink dan lain-lain.

 

 

CROSBY SHACKLE

Lanjut lagi ya untuk kegunaan dari shackle yang lebih detail. Jadi beberapa alat rigging yang bisa disambungkan dengan shackle ini yaitu diantaranya :

  • Hook
  • Hammerlock
  • Block / Tackle
  • Masterlink
  • Eye Bolt

 

Nah untuk Hook, Masterlink dan Hammerlock biasanya disambungkan pada shackle untuk kebutuhan wire rope sling, chain sling dan juga sling tali. Karena memang mata sling sendiri sifatnya permanen, sehingga harus ada alat penyambung portable untuk menyambungkan sling dengan alat pengangkat atau penarik.

 

Maka dari itu shackle adalah salah satu opsi sebagai alat penyambung portable pada ketiga alat rigging diatas.

 

Selanjutnya yaitu Eye Bolt. Penyambungan eye bolt dengan shackle biasanya digunakan untuk kebutuhan pengangkatan kontainer dan juga besi-besi balok yang tidak memiliki lubang kait. Sehingga diperlukan eye bolt sebagai alat kaitnya. Tetapi karena eye bolt dirasa kurang safe jika langsung dikaitkan dengan sling.

 

Maka shackle disini dibutuhkan untuk menyambung eye bolt tersebut agar pengangkatan nantinya lebih aman dan kuat.

 

Dan yang terakhir shackle ini disambungkan dengan block atau tackle. Biasanya untuk penyambungan shackle dengan block ini digunakan pada crane atau alat pengangkat lainnya. Jadi fungsi shackle disni untuk menyambungkan pada block agar block tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengangkat barang atau digunakan sebagai pengait dengan wire rope sling / chain sling.

 

 

TIPE CROSBY SHACKLE

Kalo tadi kita sudah membahas tentang apa itu Crosby shackle dan juga kegunaannya, maka selanjutnya yang akan kami bahas disini adalah tipe crosby shackle yang tersedia dan dijual itu yang apa aja?

 

Jadi nanti bisa kalian bisa tentuin sendiri kebutuhan tipe crosby shackle yang ingin kalian beli. Oia.. masing-masing tipe shackle ini tentunya memiliki fungsi masing-masing ya. Tapi tenang aja, pasti bakalan gw jelasin kok, karena gw ini orangnya baik banget dan ga pelit informasi.. Hohoho

 

Oke langsung aja ya. Untuk Crosby shackle ini memproduksi shackle dengan 4 tipe shackle yaitu diantaranya adalah :

  1. Shackle Omega
  2. Shackle Dee
  3. Web Sling Shackle
  4. Wide Body Shackle

 

Untuk shackle omega bisa kalian gunakan untuk kebutuhan pada wire rope sling karena bentuk yang lebar membuat wire rope pas dipasangkan pada shackle jenis ini.

 

Dan untuk shackle dee bisa kalian gunakan khusus untuk sling rantai. Karena bentuknya yang ramping sangat cocok untuk kebutuhan rantai yang juga ramping.

 

Untuk web sling shackle udah jelas ya. Lebar dan datar sangat cocok untuk kebutuhan webbing sling. Dan yang terakhir yaitu wide body shackle sangat cocok untuk kebutuhan wire rope sling dengan ukuran yang agak besar.

 

Nah jadi itu tadi ya beberapa hal tentang Crosby shackle yang perlu kalian ketahui bersama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua nih. Jangan lupa untuk selalu bekerja menggunakan alat safety yang memadai ya guys.. Be safe..!!

hubungi asmarines