kontak2

Kalian tau ga yang namanya zinc anode atau anoda yang biasa ditempel pada lambung kapal? Hmmmm kalo belum tau maka pada artikel ini kami akan menjelaskan apa itu anoda dan cara kerja zinc anode atau anoda ini agar nantinya kalian dapat mengerti kegunaannya.

 

Oke jadi langsung aja kita bahas dari pengertiannya dulu ya. Anoda adalah logam campuran aktif yang bekerja untuk melindungi permukaan besi ataupun logam lainnya dari proses pengaratan langsung. Logam campuran yang dibuat pada anoda ini memiliki sifat lebih negatif dari logam jenis lainnya seperti besi, baja dan lain-lain.

 

Nah dengan itu nantinya sifat negatif ini akan menjadi pelindung dari logam yang ditempelinya sehingga proses pengaratan dapat ditunda. Dan spesialnya dari logam campuran dari anoda ini yaitu dapat hancur saat terkena air garam ataupun air yang dapat menyebabkan proses korosi.

 

cara kerja zinc anode atau anoda

 

Proses hancurnya anoda itu tadi bukan hancur lebur tetapi hancur dan mengeluarkan kandungan dalam logam campuran tersebut yang akhirnya melindungi besi yang dilapisinya. Hmm agak susah juga ya kata-kata gw.. Pokok intinya saat terkena air garam, anoda akan mengalami proses peleburan sedikit demi sedikit dan mengeluarkan kandungan logam yang dapat melindungi besi dari proses pengaratan.

 

Kalo dari sisi pengertian kami rasa cukup ya penjelasannya. Semoga kalian dapat memahami apa yang kami coba sampaikan disini.

 

Dan pada penjelasan berikutnya akan kami coba jelaskan lebih detail pada beberapa poin dibawah ini.

 

 

CARA KERJA ZINC ANODE ATAU ANODA

Sebelum kita bahas lebih jauh, kami akan menjelaskan apa itu proses korosi yang dapat menyebabkan karat pada besi. Jadi korosi adalah sebuah proses yang mengembalikan logam pada bentuk aslinya sebagai bijih besi. Dan proses ini menyebabkan kehancuran pada besi itu sendiri menjadi partikel-partikel yang lebih kecil, sehingga besi tersebut akan rapuh dan lama-kelamaan akan hancur.

 

Ada beberapa cara yang dilakukan manusia untuk menghentikan proses korosi ini yaitu salah satunya dengan cara melapisi besi itu sendiri dengan lapisan khusus. Contohnya dalam hal ini yaitu :

  • Stainless steel
  • galvanis
  • anoda 

Kami sudah pernah membahas tentang dua lapisan teratar yaitu stainless steel dan galvanis pada artikel kami terkait rantai baja dan rantai besi. Dan yang ketiga adalah cara lain untuk melindungi besi dari proses korosi yaitu dengan lapisan dari anoda.

 

Anoda sendiri dibuat dari campuran logam yaitu seng dan magnesium dan ada juga yang dibuat dari campuran alumunium yang telah dikembangkan khusus untuk dibuat menjadi anoda. Maksud dari dikembangkan disini yaitu logam-logam tersebut dibuat sedemikian rupa agar dapat hancur jika terkena air laut dan hancurnya sendiri sekaligus melapisi besi yang disentuhnya.

 

CARA PEMASANGAN ANODA

Anoda memiliki bagian yang terbuat dari timah dikedua sisinya. Timah ini sendiri fungsinya adalah sebagai pengikat antara anoda dan lambung kapal nantinya. Untuk menempelkan anoda pada lambung kapal, butuh adanya proses pengelasan pada timah yang berada dikedua sisi anoda tadi.

 

Kenapa timah?? karena timah juga memilki ketahanan terhadap karat sehingga nantinya akan dapat mengikat anoda dengan kuat dan tidak hancur akibat terkena air laut. Proses pengelasannya sendiri juga bukan pengelasan permanen ya. Hanya pengelasan kecil sebatas untuk menempelkan anoda pada lambung kapal.

 

Karena kalo pengelasan menyeluruh nantinya akan sulit untuk melepaskan anoda yang sudah habis pada lambung kapal. Oia anoda itu bisa habis ya guys karena terlarut pada air laut terus menerus seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Nah saat anoda habis, maka sudah tidak ada yang dapat melapisi lambung kapal tersebut.

 

Jadi anoda yang lama harus dilepas dan diganti dengan anoda yang baru yaitu dengan cara di las lagi. Makanya proses pengelasan tadi harus pengelasan kecil, jangan pengelasan menyeluruh atau pengelasan besar yang nantinya akan mempersulit anda saat akan mengganti anoda yang lama.

 

Naahhh itu tadi beberapa pengetahuan dan cara kerja zinc anode atau anoda kapal yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya.

hubungi asmarines