JUAL LEVER BLOCK

Artikel Jual Lever Block ini ditulis untuk menambah pengetahuan user sebelum menggunakan Lever block serta membimbing user dalam menggunakan lever block saat diaplikasikan.

Lever block adalah sebuah hoist bertenaga dengan roda ratchet yang dikenal sebagai "Ratchet Tuas Hoist" atau sering kita kenal dengan Lever block. Lever block juga dapat diartikan sebuah alat pengangkat portable yang mudah dioperasikan dengan tangan. Lever Block ini biasa digunakan pada industri pabrik , pertambangan, pertanian, konstruksi, perkapalan (Dermaga, Dock Kapal) dan Gudang. Fungsi dari Lever block ini sendiri adalah sebagai alat pembantu pada proses instalasi barang dan juga cocok digunakan untuk mengangkat dan menurunkan barang. Alat ini dirancang untuk membantu mempermudah pekerjaan ditempat terbuka atau tempat yang tidak tersedia listrik. Kerekan asli jenis ini dikembangkan oleh Abaraham Maasdam Deep Creek, Colorado sekitar tahun 1919, dan kemudian dikomersilkan oleh puteranya, Felder Maasdam, sekitar tahun 1946 dan telah disalin oleh banyak produsen dalam beberapa dekade terakhir. Kerekan (Hoist) dengan tuas ini memiliki keuntungan bahwa mereka biasanya dapat dioperasikan dalam setiap orientasi, untuk menarik, mengangkat atau mengikat. Jenis hoist ini biasanya hanya cocok untuk mengangkat vertical.

JUAL LEVER BLOCK SECURA

Setelah kita membaca sedikit tentang sejarah maka sekarang saya akan membahas apa saja prosedur atau cara penggunaan dari alat ini. Semua User harus membaca dan memahami segala petunjuk untuk mengoperasikan alat ini untuk menghindari adanya kesalahan pada saat penggunaannya di Lapangan, dan juga untuk menghindari sekecil apapun kemungkinan kecelakaan kerja. Petunjuk pengoperasian lever block ini terdiri dari :

  1. Instruksi bagaimana cara menghandle atau mengoperasikan alat ini dengan aman.
  2. Instruksi cara penggunaan dengan tepat dan ekonomis.
  3. Instruksi cara menghindari kemungkinan kecelakaan kerja.
  4. mengurangi biaya perbaikan dan perawatannya agar alat ini bisa bertahan lama.

Dari keempat instruksi tersebut saya akan membahas satu persatu mulai dari yang pertama yaitu bagaimana cara menghandle atau mengoperasikan alat ini dengan aman, sehingga pekerjaan nantinya dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan. Berikut adalah petunjuk penggunaan Lever Block yang baik dan benar :

1. Jangan menggunakan alat ini untuk menarik beban di permukaan tanah.

Jual Lever Block

 

2. Jangan mengangkat beban yang lebih besar dari kekuatan beban angkat Lever Block.

Jual Lever Block 2

 

3. Jangan menggunakan alat ini lagi jika salah satu part dari Lever block ini sudah rusak.

Jual Lever Block 3

 

4. Jangan menggunakan alat ini dengan posisi rantai tertekuk.

Jual Lever Block 4

 

5. Jangan mencoba mengangkat beban dengan 2 Lever block.

Jual Lever Block 5

 

6. Jangan gunakan Lever block jika penguncinya belum terpasang dengan benar.

Jual Lever Block 6

 

7. Jangan menggunakan Lever block dengan posisi rantai menopang pada sebuah benda atau apapun yang membuat rantai tidak berposisi tegak lurus.

Jual Lever Block 7

 

8. Jangan memberikan beban secara tiba-tiba pada Lever block.

Jual Lever Block 8

 

Hal kedua dan ketiga yang saya bahas terkait dengan 4 point pengoperasian Lever block diatas yaitu bagaimana cara merawat dan membuat Lever block ini awet, sehingga tidak bolak balik maintenance yang tentunya membuat kita mengeluarkan biasaya maintenance untuk alat ini. Tidak hanya Lever Block, semua benda atau alat kerja pastinya harus dilakukan perawatan agar tetap awet, untuk itu saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara perawatan dalam penggunaan Lever Block yang baik dan benar agar awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama serta aman bagi keselamatan :

  1. Semua user yang terkait penggunaan Lever Block ini harus terlebih dahulu membaca buku manual penggunaan dan maintenance Lever Block. Hal ini dianggap perlu karena dengan membaca petunjuak penggunaan dan cara maintenance yang baik dan benar, maka tentunya tidak akan terjadi kesalahan dalah pengoperasian dan proses maintenancenya, sehingga Lever Block beroperasi sesuai dengan prosedur penggunaan dan maintenance.
  2. Jangan pernah menggunakan Lever block ini untuk mengangkat, mensupport ataupun menarik manusia dan jangan beroperasi dekat dengan orang-orang.
  3. Sebelum dioperasikan, pastikan Lever block dalam kondisi baik dan berfungsi normal.
  4. Selalu pastikan Lever block terlubrikasi ( gemuk ), hindarkan dari air dan benda yang berkarat.
  5. Jangan mengelas rantai, hook dan bagian lain dari Lever block dan juga jauhkan dari elektroda las.
  6. Jangan menggunakan Lever block jika posisi rantai tertekuk, melilit atau rusak. Dan jangan memodifikasi panjang rantai atau juga menambah nilai breaking load rantai.
  7. Selalu gunakan sling yang tepat, pasang dengan cara yang tepat dan pastikan hook dan sling terkait dengan benar. Dan pastikan juga penguncinya telah terpasang dengan benar.
  8. Jangan pernah menggunakan Lever block untuk mengangkat beban yang lebih berat dari WLL Lever block itu sendiri.
  9. Saat mengecheck Kepakeman sistem pengereman harap menggunakan lever block untuk menaikkan dan mengangkat beban dengan jarak <100 mm.
  10. Jangan pernah mengangkat beban dengan posisi rantai sampai paling ujung jaungkauan hoist.
  11. Jangan mengoperasikan Lever block dengan pandangan mata kearah lain, dan jangan pernah meninggalkan Lever block dengan posisi masih mengangkat beban tanpa pengawasan.
  12. Inspeksi Lever block rutin, dan jangan menggunakan Lever block tersebut jika ada kerusakan atau bagian yang tidak berfungsi dengan baik.
  13. Jangan pernah memperbaiki ataupun mengotak atik Lever block jika anda belum tau cara memperbaiki Lever block.
  14. Gunakanlah selalu spare part asli dari supplier.
  15. Jangan menghilangkan atau menghapus nametag pada Lever block.
  16. Selalu check rantai apakah ada yang berputar atau tertekuk atau tidak sebelum mengoperasikan Lever block.
  17. Pastikan alat-alat yang digunakan untuk mensupport pengangkatan beban menggunakan Lever block ini kuat.
  18. Jangan melempar atau menjatuhkan Lever block dari ketinggian dan hindari segala sesuatu lainnya yang dapat membuat kerusakan pada Lever block.

 

Setelah menggunakan lever block baiknya anda harus membersihkan segala kotoran dan air yang menempel pada Lever block, hook, rantai dan aksesoris lainnya untuk mencegah karat, kemudian letakkan Lever block di tempat yang kering, jauh dari debu dan zat-zat kimia yang dapat merusak material besi.

Hal terakhir mengenai mengurangi biaya perbaikan adalah dengan melakukan inspeksi rutin. Kapan kita harus melakukan inspeksi pada Lever block? Saya akan membagikan sedikit tips agar anda tidak terlambat melakukan inspeksi, sehingga Lever Block selalu aman saat diaplikasikan dan tidak membuat pembengkakan biaya karena terjadi kerusakan berat akibat kurang rutinnya maintenance Lever block. Jika anda ingin melakukan inspeksi dan maintenance Lever block, cara yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  1. Inspeksilah rantai, hook atas dan hook bawah apakah ada kerusakan atau tidak.
  2. Lakukan pengecheckan apakah handle, grip ring, push ring, brake plate, retaining plate, hub dan lain-lain ada kerusakan atau tidak.
  3. Lakukan pengecheckan apakah gear cover, gear, side plate, pin, load sheave, pinion shaft, dan lain-lain ada kerusakan atau tidak.
  4. Sebelum pemasangan, lumuri tiap-tiap bagian Lever block dengan gemuk.
  5. jangan melumuri gemuk pada brake disknya ataupun yang kontak langsung dengan rem tersebut.

 

JUAL LEVER BLOCK TERLENGKAP

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor dan importir alat-alat kapal yang menjual Lever Block Secura SLH/A2 Series. Lever Block yang kami jual bervariasi ukurannya, yaitu mulai dari ukuran 0.5 ton sampai dengan 1 1/2 ton dengan panjang rantai berbeda sesuai dengan kebutuhan di Lapangan. Barang yang kami jual dapat dipastikan baru dan bersertifikat. Kami menjual barang-barang kami ke seluruh penjuru Nusantara. Jadi jika anda ingin memesan Lever Block dari perusahaan kami, tidak perlu khawatir, karena kami akan bantu untuk mencari ekspedisi sebagai bahan referensi untuk anda. tetapi kami hanya melayani pencarian atau saran pemilihan ekspedisi, untuk biaya ekspedisi ditanggung oleh pembeli.

Selain Lever block kami juga menjual alat angkat lain yaitu :